Oleh Syamsuddin Hasan

Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Partai Bulan Bintang (PBB) mendukung H Anang Syakhfiani menjadi bakal calon bupati (cabup) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, pada Pilkada November 2013.

Hal itu dikemukakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Kalsel, H Pangeran Ibrahim, usai peringatan Milad ke-15 partai politik (parpol) tersebut, yang dirangkai dengan buka puasa bersama masyarakat Banua Anyar Banjarmasin, Kamis sore.

"Kami sadar dan tahu diri, tak mungkin mengusung atau mengajukan bakal cabup sendiri dalam Pilkada `Bumi Saraba Kawa` Tabalong, yang dijadwalkan 27 November 2013 itu," ujarnya menjawab ANTARA Kalsel.

"Pasalnya untuk bisa mengusung sendiri bakal cabup Tabalong tersebut, minimal mendapat lima krusi di DPRD kabupaten itu. Sedangkan PBB hanya mendapatkan dua kursi pada Pemilu 2009," demikian Ibrahim.

Sementara Partai Demokrat juga akan mengusung Syakhfiani menjadi bakal cabup Tabalong pada Pilkada kabupaten yang terkenal dengan tambang minyak bumi sejak masa Hindia Belanda itu.

"Untuk mengusung Syakhfiani tersebut, Partai Demokrat akan berkoalisi dengan Partai Bintang Reformasi (PBR). Namun tak menutup dukungan dari parpol lain," ujar Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kalsel H Muhammad Husaini.

"Karena untuk mengusung sendiri, Partai Demokrat tak memenuhi persyaratan, yaitu hanya mendapat empat kursi di DPRD Tabalong dari hasil Pemilu 2009. Sedangkan ketentuan minimal lima kursi, untuk bisa mengusung sendiri," katanya.

Sedangkan Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan secara bersama-sama mencukung HM Arifin Noor sebagai bakal cabup Tabalong.

Posisi perolehan kursi pada DPRD Tabalong hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2009, dari 30 keanggotaan, terdiri Partai Hati Nurani Rakayat (Hanura), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar dan Partai Demokrat masing-masing empat kursi.

Kemudian Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masing-masing tiga kursi, serta PBB dua kursi.

Selain itu, PBR, PDI-P dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) masing-masing satu kursi.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013