Oleh Herlina L
Tanjung, (Antaranews.Kalsel) - Rumah belajar Saraba Kawa Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, meluncurkan program Ambin Baca di empat desa wilayah tersebut guna meningkatkan minat membaca di kalangan masyrakat.


Direktur Rksekutif Rumah Belajar, Firman Yusi, di Tanjung ibukota Kabupaten Tabalong,Rabu menuturkan, program Ambin Baca mulai dilaksanakan di Desa Hikun dan Desa Jangkung Kecamatan Tanjung.

Termasuk di Desa Murung Karangan Kecamatan Muara Harus, Desa Bilas Kecamatan Upau dan Desa Saradang Kecamatan Haruai.

"Melalui program Ambin Baca dapat memperluas areal layanan khususnya rumah buku kepada individu atau komunitas yang masih sulit mengakses bahan bacaan," jelas Firman.

Program ini bekerjasama dengan sejumlah relawan yang bertugas menyediakan waktu dan tenaga pelaksana, tempat serta menyurvei pemetaan kelompok sasaran untuk mengetahui jenis bacaan yang diperlukan.

Program Ambin Baca sendiri dibiayai oleh perkumpulan saraba kawa seperti program daur ulang yang sudah dilaksanakan terlebih dahulu.

Sementara itu Perkumpulan pusaka dapat bantuan Rp30 juta dari PT Buma untuk tambah koleksi bukunya yang saat ini mencapai 3.000 judul.

Dalam peluncuran program ambin buku, hadir sejumlah instansi terkait, mitra kerja rumah belajar termasuk dari Yayasan Adaro bangun Negeri (YABN) dan PT Adaro Indonesia. 

Mewakili PT Adaro Indonesia, Fajerianoor mengatakan program yang dilaksanakan rumah belajar menjadi program strategis dalam coorporate social responsibility (CSR) yang akan terus dibina hingga 2017

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013