KH Akhmad Syairazi atau akrab dipanggil Guru Syairazi menyampaikan tausiyah di depan ribuan jamaah yang hadiri dalam peringatan Tahun Baru Hijriyah, bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Dalam Pagar Kandangan.

Ia mengatakan, ada lima hikmah hijrahnya Rasulullah SAW, yakni pertama menjadikan Bulan Muharram adalah bulan mulia, karena banyaknya kejadian besar yang terjadi di bulan ini.

"Mengagungkan Bulan Muharam sejalan dan mengikuti apa yang diajarkan dalam kitab suci Al Quran," katanya, saat menyampaikan tausiyah, Sabtu (31/8) malam.
 

Peringatan Tahun Baru Islam di Ponpes Dalam Pagar Kandangan (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Guru Syairazi ajak bersyukur HSS miliki pemimpin suka bersilaturrahmi dengan ulama

Dijelaskan dia, hikmah kedua karena Bulan Muharram adalah tahun perubahan, karena bulan ini ditentukan melalui perdebatan yang akhirnya membawa persatuan. Ketiga, Islam adalah agama yang memberikan keamanan terhadap lingkungan sekitarnya, seperti saat para sahabat merasa nyaman setelah hijrah ke Madinah,

Dan, Keempat, Islam setelah pindah ke Madinah menjadi besar dan mulia, menjadikan Iskam sebagai agama yang disegani dan bukan ditakuti, dan kelima, semangat cinta tanah air, sangat dicontohkan oleh nabi di mana Rasulullah SAW menangis saat meninggalkan Mekkah.

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengucapkan terima kasih kepada Ponpes Dalam Pagar, yang telah menyelenggarakan acara ini dan Tahun Baru Hijriyah bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan iman dan taqwa.

"Ponpes Dalam Pagar telah berkontribusi dalam menyiapkan kader dan SDM di bidang agama, semoga akan terus semakin maju, tumbuh dan berkembang menghadapi era perubahan zaman sekarang," katanya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ponpes Dalam Pagar dengan sangat unik dan meriah, dengan berbagai kegiatan menarik yang diawali dengan pawai obor mengantar Guru Syairazi, pengasuh ponpes, beserta para habaib, umara, ulama dan undangan ke lokasi kegiatan.
 

Peringatan Tahun Baru Islam di Ponpes Dalam Pagar Kandangan (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Guru Harli Pahampangan bangga kinerja pemerintahan Bupati HSS

Acara sendiri dilaksanakan di halaman depan Ponpes Dalam.Pagar dengan menggunakan panggung. Ratusan jamaah yang tidak mendapat kebagian tempat di halaman,  terpaksa ditempatkan di ruas jalan Al Falah. 

Peringatan Tahun Baru Hijriyah mengambil tema "Mengagungkan Syiar Allah" ini dilaksanakan pula Sholat Bersama dan pembacaan do'a awal dan akhir tahun,  dan penyelenggaraan peringatan Tahun Baru Hijriyah ini juga merupakan gambaran kedekatan antara ulama dan umara yang ada di HSS.

Turut hadir, Wakil.Bupati Syamsuri Arsyad besera unsur Forkopimda HSS, Sekda HSS HM Noor, beberapa kepala OPD, dan para guru dan ustadz pengajar di Ponpes Dalam Pagar Kandangan.

Peringatan Tahun Baru Islam di Ponpes Dalam Pagar Kandangan (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019