Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Kalimantan Tengah Dr HM Yusuf mengatakan salah satu rahasia Prodi Adminstrasi Negara UM Palangkaraya mendapatkan nilai A adalah karena inovasi yang dilakukan oleh fakultas secara terus menerus.    

"Inovasi dan upaya peningkatan penjaminan mutu yang kami lakukan secara terus menerus, yang membuat kami mendapatkan skor cukup tinggi, sehingga akreditasi unggul ini bisa didapatkan," kata Yusuf di Banjarmasin usai menerima sertifikat akreditasi A dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) XI Kalimantan Prof Udiansyah, saat Upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019 di Banjarmasin, Sabtu.    

Beberapa inovasi yang dilakukan, tambah dia, pihaknya berupaya membuat suasana belajar di kampus dan proses pendidikan yang nyaman dan disenangi oleh para mahasiswa terutama anak-anak muda.    

Dia mengatakan dosen hanya berperan sebagai mentor dan teman yang membimbing berbagai disiplin ilmu yang ada. Jadi  saat di kelas, dosen hanya berfungsi memverifikasi dan berdiskusi tentang berbagai pengetahuan yang didapat.    

"Kalau saat ini, mahasiswa bisa mendapatkan ilmu dari berbagai sumber, bahkan dari HP yang mereka pegang, mereka dapat belajar,"katanya.    

Selain itu, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, juga mengembangkan praktek kuliah lapangan, dengan harapan mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga belajar berbagai realitas yang terjadi di masyarakat, sehingga saat lulus, mahasiswa sudah memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai persoalan sosial dan ekonomi di masyarakat dan perkembangan tekonologi yang terjadi.    

Saat ini, kata dia, sebanyak 19 mahasiswa UM Palangka Raya yang sedang melakukan belajar lapangan di tiga Negara yaitu Malaysia, India dan Thailand, ke depan pihaknya juga akan kembali melakukan kerja sama dengan berbagai negara lain di Timur Tengah.    

Upaya tersebut, telah mampu meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam belajar maupun saat mereka telah lulus dari belajar.    

"Upaya-upaya dan inovasi yang dilakukan itu, mendapatkan skor cukup tinggi, sehingga pada 8 Agustus 2019 Badan Akreditasi Nasional menetapkan UM Palangka Raya Prodi Administrasi Negarai mendapatkan akresitasi unggul atau A," katanya.      

Dalam waktu dekat, kata dia, pihaknya juga akan segera mengusulkan S2 Administrasi Publik untuk akreditasi A dan Ilmu Komunikasi untuk mendapatkan akreditasi B.    

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan menyerahkan akreditasi A Universitas Muhammadiyah (UM) Palangka Raya program studi Adiminstrasi Negara di Perguruan Tinggi Swasta terbesar di Kalimantan Tengah itu.    

Sertifikat akreditas A Universitas Muhammadiyah Palangka Raya diserahkan Kepala LLDIKTI XI Kalimantan Profesor Undiansyah kepada Dekan UM Palangkaraya M Yusuf saat upacara peringatan HUT ke 74 RI di Halaman Kantor LLDIKTI Banjarmasin, Sabtu.    

Menurut Udiansyah, akreditasi A yang didapatkan oleh Prodi Administrasi Negara UM Palangkaraya, ibarat pecah telur.    

"Perolehan akreditasi A tersebut ibarat pecah telor, setelah perjuangan yang cukup lama, bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Kalimantan untuk bisa mendapatkan akreditasi unggul," katanya.    

Perolehan akreditas unggul UM Palangkaraya, merupakan yang pertama dari 167 PTS dan 700 program studi di bawah binaan LLDIKTI Wilayah XI.     

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019