Masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang Rupiah yang dilaksanakan Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), bertempat di kawasan Car Freeday Sunday Lapangan Lambung Mangkurat.

Warga Kandangan Ucok, di Kandangan, Minggu (21/7), mengatakan senang bisa mendapatkan edukasi atau pengetahuan tentang ciri-ciri keaslian Rupiah, apalagi penyampaian sosialisasinya menarik, interaktif dan banyak doorprize yang disediakan pihak BI.

"Terima kasih untuk BI Kalsel sudah hadir di Kota Kandangan, kita harapkan dengan adanya sosialisasi ini warga kita jadi mengetahui dan membedakan ciri uang asli dan palsu, sehingga tidak mudah dikelabui dalam bertransaksi," katanya.
   
Baca juga: Kenali keaslian uang rupiah dengan metode 3D

Dijelaskan dia, bersama keluarga mengikuti kegiatan dari event Sehati Plus Cinta HSS Fiesta dan telah bersama-sama senam jantung sehat massal serta mengikuti seksama sosialisasi yang disampaikan tim dari BI.

Pengetahuan yang didapat dari metode 3D atau dilihat, diraba, diterawang sangat bermanfaat, disamping disampaikan pula cara mengenali keaslian uang dari tanda dan ciri fisik dengan sinar ultraviolet dan kaca pembesar.

Kepala Unit Pengelolaan Uang BI Kalsel Purwanto, mengatakan sosialisasi dimaksudkan dalam rangka edukasi supaya masyarakat lebih tahu dan paham ciri-ciri keaslian uang Rupiah.

"Diharapkan dengan pengetahuan bagi masyarakat umum termasuk pelaku usaha tersebut, dapat mencegah peredaran Uang Palsu (Upal)," katanya.
 
Sosialisasi ciri-ciri keaslian uang Rupiah BI Kalsel (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Inilah ketentuan layanan penukaran uang rupiah ke BI

Ditambahkan dia, tingkat peredaran Upal di wilayah Hulu Sungai dan Banjarmasin memang tergolong masih kecil berdasarkan dari laporan yang diterima pihaknya dan pihak kepolisian.

Dalam kegiatan sosialisasi ini juga diserahkan cinderamata berupa uang bersambung dan kartu non tunai untuk Bupati HSS dari BI Kalsel yang diterima Sekda HSS H M Noor.

Turut berhadir, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi dan unsur Forkopimda HSS, Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah dan para kepala SKPD lainya, Pimpinan Cabang Bank Kalsel Syariah Kandangan Aly Rizqan serta masyarakat HSS dan sekitarnya. 
Sosialisasi ciri-ciri keaslian uang Rupiah BI Kalsel (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019