Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antaranews.Kalsel) - Kepolisian Resor Kota Banjarmasin, siap mengamankan Ujian Nasional (UN) untuk SMA/SMK sederajat yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Kepala Kepolisian Resor Kota Banjarmasin, Kombes Pol Suharyono SH Sik di Banjarmasin, Senin mengatakan, saat ini memang ada penundaan terhadap pelaksanaan UN namun hal tersebut tidak masalah, bagaimanapun pengamanan tetap dilaksanakan.

Pengamanan tetap menjadi tugas polisi, jadi kapanpun diperlukan ataupun diminta, pihak kepolisian harus selalu siap, apalagi ini terkait UN yang sifatnya nasional sehingga pengamanannya perlu diatur sebaik mungkin.

Pelaksanaan terhadap pelaksanaan UN ini sudah dilakukan koordinasi dan nantinya Polsek-Polsek di wilayahnya masing-masing yang akan melakukan pengamanan UN tersebut dan Polresta Banjarmasin akan membantu.

"Tata cara pengamanannya nanti ada dua, pengamanan terbuka dilakukan oleh polisi berseragam dan pengamanan tertutup dilakukan oleh polisi berpakaian preman atau tidak berseragam," terangnya.

Untuk jumlah personil polisi yang melakukan pengamanan UN disetiap SMA/SMK itu sudah diatur pelaksanaannya dan setiap Polsek sudah diberikan tembusan terkait pengamanan pelaksanaan UN.

Setiap polisi harus sesuai prosedur dalam melakukan pengamanan karena tugas tersebut sudah menjadi kewajiban, berikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat, sebagai bentuk pencitraan polisi dengan masyarakat.

"Semoga pelaksanaan UN tahun ini berjalan lancar dan semua siswa-siswi SMA/SMK lulus dalam menempuh UN yang sebentar lagi dilaksanakan," terang orang nomor satu dijajaran Kepolisian Banjarmasin.

Suharyono juga menegaskan, pengamanan UN ini akan dilakukan semaksimal mungkin dan apabila ada indikasi kebocoran soal jawaban maka akan ditindak lanjuti.

"Apabila ada indikasi kebocoran soal maka akan lansung kita lakukan penyelidikan untuk mencari kebenarannya karena hal itu masuk dalam unsur pidana," tegasnya.

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013