oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Dokumen soal ujian nasional untuk siswa sekolah menengah atas dan sederajat disimpan di markas kepolisian resor Banjarbaru, Kalimantan Selatan sebelum di distribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara ujian.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Ahmadi Arsyad, Kamis mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk pengamanan soal yang tergolong rahasia negara itu.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyimpan dokumen soal di mapolres sehingga terjamin keamanannya sebelum di distribusikan ke sekolah penyelenggara ujian," ujarnya.

Ia mengatakan, penyimpanan dokumen soal cukup di mapolres dan teknisnya langsung di distribusikan ke sekolah penyelenggara beberapa jam sebelum ujian dilaksanakan.

"Penyimpanan cukup di mapolres sehingga berbeda dengan daerah lain yang menyimpan dokumen soal di markas kepolisian sektor, karena jarak polres dengan sekolah-sekolah penyelenggara ujian relatif dekat," ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya mempercayakan sepenuhnya penyimpanan dan pengamanan dokumen soal ujian kepada kepolisian sehingga menjamin dokumen rahasia negara itu tidak bocor sebelum pelaksanaan ujian.

Apalagi, kata dia, pengamanan dokumen soal disimpan di ruangan khusus dan kuncinya dibagi tiga yang dipegang oleh tiga pihak berbeda sehingga kecil kemungkinan dokumen hilang atau diambil orang.

"Dokumen soal disimpan di ruangan khusus dan dijaga petugas, selain itu kuncinya juga diserahkan kepada tiga pihakberbeda sehingga keamanannya terjamin," ujarnya.

Kepala Kepolisian Resor Banjarbaru AKBP Budi Santoso mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan ruangan khusus yang digunakan untuk menyimpan dokumen soal ujian nasional itu.

"Kami sudah menyiapkan ruangan khusus di satuan Intelkam untuk penyimpanan dokumen soal, ruangannya dijaga petugas dan kuncinya juga ada tiga lapis yang diserahkan kepada kami, panitia ujian dan pegawai dinas pendidikan," katanya.

Dikatakan, pihaknya masih menunggu penyerahan dokumen dari dinas pendidikan dan segera memasukkannya ke dalam ruangan khusus untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan dokumen.

Sementara itu, penyerahan dokumen soal dari dinas pendidikan ke polres direncanakan Jumat (12/4) dan di distribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara sesuai mata pelajaran yang diujikan mulai Senin (15/4) hingga Kamis (18/4).

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013