Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan memastikan program Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) masih tetap gratis bagi warga yang ingin membuatnya.

"Tahun 2013 E-KTP masih tetap gratis," ujar Kadisdukcapil Kota Banjarmasin Hj Rachmah Norlias kepada wartawan, di balaikota Banjarmasin, Rabu.

Menurut Rachmah, kebijakan pusat masih memerintahkan agar daerah terus merekam identias warga yang belum terdaftar E-KTP secara gratis pada 2013 ini, karena hal itu merupakan sebuah hak warga.

Namun yang masih belum jelas saat ini, terkait cetak E-KTP yang baru terdaftar pada 2013 ini, apakah masih dikerjakan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri atau dipercayakan kepada daerah sesuai rencana pada tahun 2013 ini.

"Kalau yang masuk daftar rekam identitas 2012 tadi masih tanggungjwab pusat cetaknya, nah yang masuk rekam tahun ini masih belum pasti, kita masih menunggu kebijakannya," kata Rachmah.

Diakui Rachmah, warga Kota Banjarmasin yang belum mendatakan identitas diri pada program E-KTP ini diperkirakan masih sekitar 30 ribu lebih, ini sesuai data kependudukan yang terekam di instansinya.

Makanya dianjurkan kepada masyarakat yang belum agar segera mendaftarkan diri untuk memeproleh E-KTP sebab keberadaan E-KTP begitu penting dalam berbagai sisi kehidupan, ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mulakukan jemput bola dalam pembuatan E-KTP ini seperti mendata wajib KTP pemula, seperti mendatangi sekolah dan kampus.

Sementara ini disampaikan Rachmah, E-KTP yang selesai cetak pada 2012 tadi berjumlah 349.553 keping atau 93% persen dari jumlah rekam data sampai dengan Oktober 2012 sebanyak 377.349 jiwa.

Editor: Asmuni Kadri
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar