Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, melalui Bagian Tata Pemerintahan kabupaten setempat menggelar bimbingan teknis laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah atau LPPD.

"Bimbingan itu untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman aparatur dalam struktur pelaporan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup tahun 2012," kata Kepala Bagian Pemberitaan Humas Pemkab Banjar, Yanto, Rabu.

Bimbingan berlangsung di Aula Barakat yang dibuka Bupati Banjar Pangeran Khairul Saleh diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Banjar Nurus Sjamsi.

Nurus Sjamsi menyebutkan LPPD merupakan bentuk pertanggungjawaban kinerja penyelenggaraan pemerintah selama Satu tahun anggaran.

Menurut dia, laporan yang disampaikan pemerintah Kabupaten Banjar tahun 2011 lalu, sudah sesuai dengan pedoman dan ketentuan, namun disisi lain masih ditemukan kekurangan yang perlu perbaikan dalam penyusunan LPPD tahun 2012.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan wawasan pejabat pelaksana pada SKPD dalam penyusunan LPPD tahun 2012, perlu dilakukan pembekalan personil yang handal melalui bimbingan LPPD ini.

Kasubag Otonomi Daerah Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar Fahriyan Rahman dalam laporannya menyampaikan, Pelaksanaan Bimbingan Teknis LPPD 2012 bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang arti penting dari penyusunan LPPD.

Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pemerintah daerah dalam memanfaatkan hak yang diperoleh daerah dalam pencapaian target dan hasil yang telah direncanakan, sebagai bahan masukan kepada pemerintah untuk melakukan pembinaan lebih lanjut dalam rangka peningkatan kinerja daerah melalui program pengembangan daerah.

Selain itu, untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam pencapaian pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintah daerah.

Untuk itu, ia mengharapkan agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dan menyimak materi yang diberikan dengan sebaik-baiknya, mengingat forum bimbingan LPPD sangat penting artinya, dan mempunyai nilai strategis dalam kesempurnaan penyusunan Laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah.



Editor: Imam Hanafi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar