Parade sekitar seribu becak hias yang ditumpangi sekitar dua ribu santri mewarnai penyambutan bulan suci Ramadhan 1433 Hijriyah yang digelar pengurus Muhammadiyah Cabang Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sebelum melakukan pawai keliling kota Banjarmasin pada Kamis, ribuan tukang becak berkumpul di jalan Cempaka Besar depan Masjid Al Jihad Muhammadiyah kompleks pendidikan terpadu Muhamadiyah.

Ketua Muhammadiyah wilayah Kalimantan Selatan Profesor Akhmad Khairudin mengatakan, pawai becak itu selain untuk memeriahkan menyambut bulan suci Ramadhan, juga sebagai tanda diresmikannya masjid Al Jihad yang direnovasi menjadi masjid yang cukup megah.

Kehadiran becak hias tersebut menjadi pemandangan unik bagi warga Banjarmasin yang pagi itu ingin memulai aktivitas, bahkan beberapa warga yang melintas di jalan rela memarkirkan sepada motor maupun mobilnya ke tepi jalan untuk menyaksikan pawai becak hias tersebut.

Bahkan beberapa warga yang sudah mengetahui akan ada pawai becak hias, sejak pagi sudah berada di tepi jalan yang menjadi rute lintasan iring-iringan becak. Mereka tidak mempedulikan udara Kota Banjarmasin yang cukup dingin.

Sejumlah santri yang merupakan murid dari beberapa sekolah dasar Muhammadiyah di Banjarmasin mengaku senang menjadi penumpang becak hias sambil berkeliling kota, sehingga mereka rela berangkat ke sekolah usai shalat subuh agar tidak kehabisan becak.

Murid berharap, kegiatan serupa bisa digelar setiap tahun agar penyambutan bulan Ramadhan lebih terasa dan mereka pun mendapat hiburan yang Islami.

Orangtua murid pun cukup gembira menyaksikan anak mereka menumpang becak hias, beberapa orangtua terutama ibu malah ikut menjadi penumpang becak hias mendampingin anaknya.

"Kegiatan seperti ini sangat menyenangkan dan anak-anak pun senang menyambut bulan suci Ramadhan, semoga tahun depan ada lagi pawai seperti ini," kata salah satu orangtua siswa.

Kesenangan warga dan orangtua bertambah ketika menyaksikan anak-anak mereka yang duduk di becak tertawa riang sambil melambaikan tangan kepada setiap penonton yang berdiri di tepi jalan.

Adapun rute pawai becak hias yang dimulai sekitar pukul 07:00 Wita tersebut adalah jalan protokol di Kota Banjarmasin, di antaranya Jalan Lambung Mangkurat, Jalan Anang Adenansi, dan Pangeran Samudera.

Peserta pawai becak memulai perjalanan di Jalan Cempaka Besar atau depan Masjid Al Jihad Banjarmasin dan berakhir di depan Hotel Nasa sekitar pukul 09:00 Wita.

Selain pawai becak, anak-anak dan penonton juga dihibur dengan penampilan drum band yang dibawakan oleh murid Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (RSDBI) Muhammadiyah 8 dan 10, Banjarmasin.






Editor: Ulul Maskuriah
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar