Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan mulai mengembangkan rumah berteras dua untuk menyemarakan kepariwisataan setempat.


Wali Kota Banjarmasin Haji Muhidin ketika bertatap muka dengan kalangan Perbankan di kota tersebut, Selasa menyebutkan pihaknya kini serius menggalakan kepariwisataan sungai.

Agar sungai-sungai yang banyak membelah Kota Banjarmasin terkesan indah dan menarik maka rumah-rumah penduduk bantaran sungai harus pula dibenahi sedemikian rupa untuk mendukung kepariwisataan tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengubah bentuk rumah bantaran sungai bila selama ini berteras satu menjadi rumah berteras dua.

Kebanyakan rumah di bantaran sungi Banjarmasin menghadap ke jalan di darat sementara bagian belakang atau bagian dapur justru menghadap ke sungai.

Akibat bentuk bangunan tersebut pemukiman penduduk terlihat indah kala dilihat dari daratan atau jalan tetapi terkesan kumuh dan semrawut bila disaksikan melalui sungai.

Padahal lalu lintas jalan darat dan sungai sama-sama padat apalagi dikala kepariwisataan sungai kian dikembangkan maka kunjungan kesungai akan tambah banyak lagi.

Oleh karena itu, bentuk rumah penduduk dibantaran sungai mulai ditata tidak lagi sebatas menghadap jalan raya tetapi juga menghadap kesungai.

Untuk memancing warga mengubah bentuk rumah tersebut Pemkot setempat akan memberikan bantuan terhadap beberapa rumah untuk menjadi contoh dalam pengembangan rumah berteras dua itu.

Oleh karena itu, wali kota berharap pihak perbankan yang telah mengambil keuntungan dikota ini ikut berpartisipasi memajukan kota khususnya dalam pengembangan kepariwisataan.

"Kami bersyukur adanya bantuan pihak perbankan terhadap penyediaan beberapa buah kapal wisata tapi alangkah gembiranya bila perbankan kembali memberikan bantuan merehabilitasi rumah agar bermuka dua," kata wali kota (H005/A)

Editor: Asmuni Kadri
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar