Selasa, 26 September 2017

Legislator Harapkan Persoalan E-KTP Jangan Hambat Pilkada

id ktp
Legislator Harapkan Persoalan E-KTP Jangan Hambat Pilkada
. (bantenpostnews.com)
Kan Tala salah satu dari empat kabupaten di Kalsel yang masuk pelaksanaan pilkada serentak seluruh Indonesia tahap III tahun 2018,
Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ketua Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan H Syahdillah mengharapkan, persoalan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) jangan sampai menghambat pelaksanaan Pilkada.

"Oleh karena itu, kami terus memantau pelaksanaan e-KTP pada kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada," ujarnya di Banjarmasin, sebelum bertolak ke Pelaihari, ibukota Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat pagi.

"Kan Tala salah satu dari empat kabupaten di Kalsel yang masuk pelaksanaan pilkada serentak seluruh Indonesia tahap III tahun 2018," lanjut pensiunan pegawai negeri sipil yang bergabung dengan Partai Gerindra itu.

Karenanya pula, mantan Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel tersebut berharapkan, pelaksanaan e-KPT di "Bumi Tuntng Pandang" Tala berjalan lancar, sehingga tidak menjadi kendala dalam penyelenggaraan pilkada di kabupaten itu nanti.

Pasalnya, lanjut wakil rakyat bergelar S.Sos dan MSi itu menjawab Antara Kalsel, bagi penduduk setempat yang ketinggalan atau belum masuk daftar pemilih bisa menggunakan hak pilih pada saat pilkada dengan menunjukan KTP.

Namun wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten HSU, Balangan dan Kabupaten Tabalong itu tetap berharap, bagaimana cara agar semua penduduk setempat yang mempunyai hak pilih masuk dalam daftar pemilih.

"Dengan masuknya semua penduduk yang mempunyai hak pilih dalam daftar pemilih, kita harapkan, tidak ada warga yang tak bisa menggunakan hak mereka untuk memilih pada pilkada nanti," demikian Syahdillah.

Kunjungan kerja (kunker) Komisi I DPRD Kalsel dalam daerah, 7 - 9 September 2017 itu sekaligus untuk monitoring dan evaluasi (monev) atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi setempat tahun 2017.

Sebelumnya Komisi I DPRD Kalsel memantau pelaksanaan e-KTP di Kabupaten Tabalong-wilayah yang berada di paling utara provinsi tersebut yang berbatasan dengan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sementara empat dari 13 kabupaten/kota di Kalsel yang melaksanakan pilkada tahap III 2018, yaitu Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin, dan Tala-kabupaten yang berada di wilayah timur provinsi tersebut.

Editor: Ulul Maskuriah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga