Selasa, 19 September 2017

Sosialiasi Sadar Wisata di Benteng Oranje Nassau

id Bukit Pagaran, objek wisata Banjar, Objek Wisata Kabupaten Banjar
Sosialiasi Sadar Wisata di Benteng Oranje Nassau
Bupati Banjar komitmen menjaga keindahan lingkungan termasuk potensi pariwisata. (Antaranews Kalsel/hms)
Martapura, (Antaranews Kalsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Sadar Wisata Kepada Masyarakat tahun 2017. Sosialisasi dibuka Kabid Bidang Destinasi dan Pengembalian Obyek Wisata, Faizal Riza Kasransyah, SE di Obyek Wisata Oranje Nassau, Desa Pengaron, Kecamtan Pengaron, Selasa (05/09).
 
"Desa Pengaron adalah salah satu Desa unggulan yang akan diprioritaskan menjadi desa wisata karena di Desa Pengaron ada Obyek Wisata Budaya yaitu Benteng Oranje Nassau dan Wisata Alam Bukit Pagaran, untuk mewujudkannya diperlukan kesiapan semua lapisan masyarakat, pemerintah dan stakeholder terkait lainnya," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Faizal juga mengatakan masyarakat harus selalu menanamkan sapta pesona yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan keamanan dalam melayani wisatawan, sehingga menjadi pendukung tumbuhnya iklim kepariwisataan dan menjiwai nilai kearifan budaya lokal.

"Untuk menciptakan kenyamanan, keamanan dan kebersihan ini diperlukan kesadaran diri sendiri," imbuhnya.
 
Selain itu, dari fungsi yang dimiliki yakni pengawasan, penganggaran dan legislasi ini diharapkan dapat mengetahui secara teknis bagaimana pelaksanaan program dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar ini dalam memberi informasi program-program kepada masyarakat. 

"Melalui kegiatan ini juga sekaligus menyerap aspirasi masyarakat untuk mengembangkan desa wisata ini," sebutnya.

Sadar Wisata didefinisikan sebagai sebuah kondisi yang menggambarkan kesadaran yang mendorong partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di suatu tempat/wilayah.
 
Narasumber Kegiatan Sosialisasi ini perwakilan dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Polres Banjar serta Kabid Destinasi dan Pengembangan Obyek Wisata Kabupaten Banjar. Kegiatan ini diikuti 40 orang peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat dan Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kegiatan ini di akhiri dengan aksi bersih - bersih di sekitar obyek wisata Benteng Oranje Nassau yang menjadi tempat kegiatan ini dilaksanakan, sehingga semua elemen masyarakat dapat merasakan langsung untuk bersama menjaga obyek wisata yang ada di daerahnya dan membiasakan diri untuk peduli pada kebersihan lingkungan sekitar./f

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga