Jumat, 18 Agustus 2017

Wakapolres Tabalong Kalsel Cek Kesiapan Armada Karhutla

id karhutla
Wakapolres Tabalong Kalsel Cek Kesiapan Armada Karhutla
Wakapolres Tabalong Kompol Wildan Albert Sik (Antarakalsel/foto/ist)
Sarana dan prasarana menjadi salah satu pendukung optimalisasi penanganan kebakaran hutan dan lahan karena itu perlu kita persiapkan bersama,
Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Wakil Kepala Kepolisian Resor Tabalong Kompol Wildan Alberd mengecek kesiapan armada atau sarana untuk mendukung penanganan serta pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukum setempat.

"Sarana dan prasarana menjadi salah satu pendukung optimalisasi penanganan kebakaran hutan dan lahan karena itu perlu kita persiapkan bersama," kata Wildan di Tanjung, Kalimantan Selatan, Kamis.

Pengecekan sarana itu dilaksanakan Wildan usai memimpin apel bersama cegah karhutla untuk polsek rayon tengah mencakup Kecamatan Tanta, Tanjung, Murung Pudak dan Bintang Ara.

Dalam arahannya Wildan mengatakan jajaran kepolisian akan melakukan penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan maupun lahan karena imbauan dan sosialisasi sudah dilakukan.

Optimalisasi penanganan karhutla selain didukung sarana dan prasarana juga perlu kesiapan SDM dan anggaran serta analisa dan evaluasi, ucapnya.

"Untuk SDM sudah mencukupi karena penanganan karhutla jadi tugas kita bersama namun yang perlu ditingkatkan lagi metode pelaksanaannya," kata Wildan menjelaskan.

Sementara itu sarana atau armada yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tabalong di antaranya dua unit mobil jenis Komodo, dua unit mobil tangki kapasitas 5.000 liter dan mobil, mobil rescue.

Apel bersama cegah Karhutla sendiri juga diikuti camat di wilayah tengah, kepala desa, danramil hingga perwakilan perusahaan. 

Editor: Gunawan Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga