Kamis, 17 Agustus 2017

Kalsel Tingkatkan Pelayanan Melalui Jambore Inovasi Kalimantan

id jambore inovasi
JIK merupakan event yang dirancang untuk menghadirkan berbagai inovasi pelayanan publik sebagai bukti kehadiran Pemerintah untuk masyarakat,
Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat antara lain dengan menjadi tuan rumah Jambore Inovasi Kalimantan yang digelar pada 2-6 Agustus 2017 di Banjarbaru.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalsel, Nispuani di Banjarbaru, Kamis mengatakan, jambore tersebut sebagai ajang berkumpulnya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki kreativitas pelayanan publik se-Kalimantan.

"JIK merupakan event yang dirancang untuk menghadirkan berbagai inovasi pelayanan publik sebagai bukti kehadiran Pemerintah untuk masyarakat," katanya.

Melalui penyajian inovasi administrasi negara dan pelayanan publik yang terbaik, Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) ingin menunjukkan bahwa semua unsur aparatur sipil negara di Kalimantan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Dijelaskan dia, JIK 2017 sebagai kelanjutan dari JIK pertama 2016 yang diselenggarakan di Kalimantan Utara yang juga menampilkan kreativitas pelayanan dari seluruh provinsi di Kalimantan.

JIK ini membuktikan bahwa semangat inovasi untuk Kalimantan, khususnya di Kalsel untuk berkembang tetap menyala dan berjalan secara berkesinambungan.

Tujuan utama dari Jambore Inovasi Kalimantan ini adalah untuk mempromosikan dan mendiseminasikan hasil-hasil inovasi.

Selain itu, mendorong kolaborasi dan kerja sama antaralumni Diklatpim dan aparatur sipil negara lainnya dalam meningkatkan kualitas layanan publik dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kalimantan.

Bagi Kalimantan Selatan, lanjut Nispuani, sangat diuntungkan mengingat kegiatan ini bisa menjadi edukasi dan pelecut kinerja dalam penyelenggaraan pelayanan publik terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kabid Diklat Aparatur PKP2 A III LAN RI, Dr Rahmat mengungkapkan apresiasi kepada Pemprov Kalsel terutama kepada Gubernur H Sahbirin Noor yang memberikan dukungan luar biasa atas terselenggaranya JIK 2017.

"Kami bangga dan mengapresiasi dukungan Gubernur Kalsel atas dorongan kuat pentingnya penyelenggaraan JIK di Kalsel. Beliau begitu atensi terhadap upaya peningkatan kreatifitas ASN," katanya.

Menurut dia, sasaran JIK antara lain adalah membangun kolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk mengembangkan inovasi di Kalimantan.

Kedua mengembangkan budaya "knowledge sharing of innovation", ketiga mempromosikan dan mendiseminasikan inovasi-inovasi peserta Diklatpim dan lembaga diklat yang telah dilakukan di wilayah Kalimantan dan mengembangkan networking dan kerja sama antar daerah di Kalimantan.

Diharapkan output yang dihasilkan dari kegiatan Jambore Inovasi Kalimantan adalah terlaksananya promosi dan diseminasi inovasi-inovasi terbaik .

Semua dirangkai dalam bentuk berbagai kegiatan seperti penganugerahan Borneo Innovation Awards dan Awards kepada Bupati/ Walikota terpilih yang berkomitmen terhadap peningkatan kapasitas ASN.

Editor: Ulul Maskuriah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga