Jumat, 18 Agustus 2017

Bandung West Java Marathon Gerbang Promosi Wisata

id marathon,
Bandung West Java Marathon Gerbang Promosi Wisata
. (Antaranews Kalsel/Asatu.id)
Bandung, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan acara Pocari Sweat Bandung West Java Marathon yang diikuti oleh sekitar 6.500 pelari dalam dan luar negeri menjadi gerbang promosi wisata di Provinsi Jawa Barat.

"Ini kegiatan yang baik, kita beri nama 'Bandung West Java Marathon'. Ini event skala besar diikuti peserta dari berbagai kota, provinsi, bahkan luar negeri, kita harapkan ini bisa jadi event tahunan," katanya di Gedung Sate Bandung, Minggu.

Sekitar pukul 05.15 WIB, dia memberikan aba-aba untuk 6.500 pelari dalam dan luar negeri yang terbagi pada lima kategori, mencurahkan energinya untuk mencapai target yang ingin dicapainya.

Kelima kategori yang dilombakan diantaranya full marathon (42 kilometer), half marathon (21 kilometer), 10 K (kilometer), 5 K (kilometer) dan kid dash (untuk anak-anak).

Dengan lokasi start dan finis di Jalan Diponegoro, depan Gedung Sate, para peserta berlari keliling Kota Bandung melewati jalan-jalan ikonik Kota Bandung seperti diantaranya jalan Layang Pasupati, Jembatan Pelangi, Gedung Merdeka, alun-alun Kota Bandung, dan jalan Braga.

Dia berencana ke depan kegiatan serupa tak hanya digelar di Bandung saja, karena even ini bertajuk 'West Java', maka bisa dilaksanakan di berbagai kota lainnya di Jawa Barat.
"Sangat mungkin kita lakukan seperti itu, karena membawa nama 'West Java', kegiatan ini bisa dilakukan di kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat," katanya.

Ia menuturkan pemilihan rute ini tersebut merupakan hasil pertimbangan dalam mewujudkan 'sport tourism.' Pelari yang terdaftar pun lebih dari 75 persennya berasal dari luar Kota Bandung.

Bahkan, terdapat peserta dari negara tetangga seperti diantaranya Singapura, Malaysia, Tiongkok, Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya.

"Ini sudah promosi pariwisata, sudah sangat banyak peserta dari berbagai kota, dengan rute yang ditempuh, peserta sudah diajak keliling kota dikenalkan pada ikon-ikon khas disini," kata dia.

"Kemudian supaya potensi wisata lebih menonjol, ya itu, kegiatan ini bisa dilaksanakan di kota lainnya di Jawa Barat, untuk mengeksplore wisata di kota lainnya di Jawa Barat," tambah Aher.

Selain itu, kekhasan Jawa Barat lainnya juga ditampilkan, melalui sajian stand-stand kuliner, dan tampilan kesenian tradisional Jawa Barat.

Hingga mencapai garis finish, para juara di tiap kategori berhak menerima hadiah, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga