Kamis, 17 Agustus 2017

Anggota DPRD Kotabaru 2014-2019 Terbitkan Buku Profil

id Anggota Dprd Kotabaru 2014-2019 Terbitkan Buku Profil
Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Lembaga DPRD Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan periode 2014-2019 hasil Pemilu 2014 berhasil menerbitkan buku profil bagi seluruh anggotanya, baik tiga unsur pimpinan dan segenap anggota.

Ketua DPRD Kotabaru Hj Alfisah, Minggu, mengaku bersyukur atas terbitnya Buku Profil Anggota Legislatif, sebagai upaya menjalin keakraban antara masyarakat dan para wakil mereka di parlemen.

"Saya sangat bersyukur dengan terbitnya buku Profil Anggota DPRD Kotabaru periode 2014-2019, karena masyarakat Kotabaru bisa mengetahui bagaimana profil dan latar belakang wakil mereka di parlemen dalam mengemban aspirasi mereka," kata Alfisah.

Menurutnya, selain menjadi bagian dari usaha agar merasa lebih dekat dengan konstituen, keberadaan buku Profil DPRD Kotabaru ini yang tidak kalah pentingnya adalah menjadi bagian dari mengukir sejarah bagi daerah.

Karena melalui buku Profil DPRD Kotabaru tersebut, nantinya dapat dijadikan sebagai dokumen bukan hanya pribadi (bagi anggota yang bersangkutan), tapi juga dokumen bagi daerah.

"Dari buku Profil DPRD tersebut dapat diketahui bahwa legislatif periode 2014-2019 diketahui orang-orang yang mewakili aspirasi masyarakat Kotabaru di parlemen dalam mengemban aspirasi mereka," jelasnya.

Diketahui, Buku Profil DPRD Kotabaru periode 2014-2019 setebal 126 halaman (termasuk cover) itu memuat profil 35 anggota legislatif, baik latar belakang pendidikan, keluarga hingga visi dan misi menjadi para wakil rakyat.

Salah satu dari tujuan diterbitkannya buku tersebut karena seluruh stake holder perlu mendapatkan gambaran yang utuh tentang kemampuan kinerja, komitmen maupun upaya maksimal yang telah dan akan dilakukan oleh segenap unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kotabaru.

Trebitnya buku Profil DPRD Kotabaru, berpegang pada visi dan misi DPRD Kotabaru yakni Terwujudnya masyarakat Kotabaru yang maju dan sejahtera berbasis pada aspirasi kerakyatan melalui kebersamaan yang baik.

Terciptanya kontrol yang baik, penyerapan aspirasi yang baik dan akurat, legislasi yang mantap dan profesional, serta pengawasan yang obyektif, parlemen terus berusaha memperjuangkan cita-cita mulia tersebut.

Selain sebagai entitas sosial yang sekaligus bagian perwakilan masyarakat di parlemen dalam menjalankan peran, fungsi dan kiprahnya terhadap roda pembangunan Kotabaru secara berkelanjutan (sustainable development).

Anggota DPRD juga dituntut professional mengingat hampir dipastikan setiap program yang dijalankan akan bersentuhan dengan aspirasi, hajat hidup masyarakat Kotabaru secara luas.

Untuk menunjang kinerja institusi diperlukan media berupa buku profil yang harus dimiliki oleh DPRD Kotabaru sebagai strategi dalam rangka menyampaikan tentang portofolio, visi dan misi institusi, komitmen dan sekaligus sebagai gambaran akuntabilitas dewan dalam mengemban konstitusi yang diamanahkan segenap masyarakat "Bumi Saijaan".

Hal ini mutlak dibutuhkan karena selain sebagai bentuk laporan untuk kemudian dapat dijadikan bahan evaluasi bagi institusi.

Buku profil ini sekaligus dapat dijadikan sebagai bentuk akuntabilitas instansi DPRD Kotabaru yang telah menjunjung profesionalisme institusi dalam mengadvokasi masyarakat, Mendorong iklim demokrasi yang berwawasan dan integritas kebangsaan dalam lingkup iklim reformasi pembangunan dan globalisasi.

Editor: Imam Hanafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga