Sabtu, 22 Juli 2017

Konprov PWI Kalsel Bahas Upaya Peningkatan SDM

id PWI Kalsel, Konprov Pwi Kalsel, Bahas Upaya Peningkatan Sdm
Konprov PWI Kalsel Bahas Upaya Peningkatan SDM
Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sasongko. (Antaranews Kalsel/)
Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Konferensi Provinsi (Konprov) Persatuan Wartawanan Indonesia Kalimantan Selatan yang berlangsung di Banjarmasin, Sabtu antara lain membahas upaya peningkatan sumber daya manusia dari anggota organisasi tersebut.

Sebagaimana sambutan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor serta Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sasongko pada pembukaan konprov tersebut, peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi anggota PWI merupakan keniscayaan.

Pasalnya ke depan tantangan insan pers (termasuk anggota PWI), terutama dalam dunia jurnalistik semakin berat seiring perkembangan serta kemajuan informasi teknologi (IT).

Sebagai contoh dari perkembangan dan kemajuan IT, belakangan ini media dalam jaringan (daring) atau on line juga semakin tumbuh dan berkembang.

"Dampak dari pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan media daring tersebut, belakangan ini tidak sedikit media cetak yang tutup, karena masyarakat banyak mengganderungi media daring," ujar Sasongko yang mewakili Ketua Umum PWI Pusat.

Oleh sebab itu, dalam Konprov PWI Kalsel yang berlangsung sehari penuh tersebut merekomendasikan atau berkomitmen perlu pendidikan dan pelatihan secara berjenjang dan berkelanjutan terhadap anggotanya.

Dalam rekomendasi peningkatan SDM tersebut juga mensyaratkan secara mutlak bagi anggota PWI Kalsel yang tersebar pada 13 kabupaten/kota untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Karena Dewan Pers juga merekomendasikan UKW sebagai persyaratan bagi isan pers di Indonesia yang berkompeten melaksanakan tugas-tugas jurnalistik.

Rekomendasi terkait peningkatan SDM tersebut sejalan tema Konprov PWI Kalsel 2017, yaitu "Bersama Mewujudkan PWI yang Profesional, Beretika, dan Bermartabat".

Konprov PWI Kalsel 2017 itu, selain berhasil menyusun program kerja, dan membuat rekomendasi organisasi, juga memilih ketua baru, yaitu Zainal Helmi untuk periode 2017 - 2022 menggantikan Fathurrahman yang sudah dua periode.

Sebelumnya ada tiga bakal calon Ketua PWI Kalsel periode 2017 - 2022 masing-masing Irhamsyah Safari (Banjarmasin Post), Ranta Sari Dewi (TVRI Kalsel), serta Zainal Helmi (Mata Banua).

Editor: Imam Hanafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga