Sabtu, 22 Juli 2017

Polairud Mengevakuasi Penumpang Km Madani Nusantara

id kapal kandas, evakuasi
Polairud Mengevakuasi Penumpang Km Madani Nusantara
Satpolairud Polres Tanah Bumbu saat mengevakuasi penumpang KM Madani Nusantara. (Antarakalsel/foto/ist)
"Alhamdulilah proses evakuasi terhadap seluruh penumpang dengan sarana KP Satpolair, KP Marnit Batulicin, KMP Mahakam, kapal taksi atau umum dengan kondisi lengkap 116 orang dalam kondisi sehat,
Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota Polisi Perairan dan Udara berhasil mengevakuasi seluruh penumpang KM Madani Nusantara yang kandas di Perairan Laut Pulau Sewangi, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

"Alhamdulilah proses evakuasi terhadap seluruh penumpang dengan sarana KP Satpolair, KP Marnit Batulicin, KMP Mahakam, kapal taksi atau umum dengan kondisi lengkap 116 orang dalam kondisi sehat," kata Kasatpolairud Polres Tanah Bumbu AKP Parman di Batulicin, Sabtu.

Dia mengatakan, peristiwa kandasnya KM Madani Nusantara, diketahui pertama kali pada Sabtu (15/7) sekitar pukul 15.00 WITA dari informasi Brigadir Syaiful, anggota KPPP Polsek Simpang Empat.

"Setelah menerima informasi saya langsung berkoordinasi dengan Marnit Batulicin Ditpolairud Polda Kalsel, KPPP Polsek Simpang Empat serta pihak terkait lainnya untuk melakukan tindakan SAR mengevakuasi penumpang," ucap Parman.

Kapal Motor Madani Nusantara diketahui berangkat dari Pelabuhan Batulicin dengan tujuan Parepare Sulawesi Selatan. Saat berada pada koordinat 03-25`-875" S / 116-01`-90" E mengalami gangguan dalam pelayaran akibat kandas. Dugaan sementara, kapal kandas lantaran mengalami kebocoran.

Sedangkan dalam manifess tercatat ada 116 penumpang, lima unit truk, dua unit mobil dan dua unit sepeda motor.

"Sampai dengan saat ini laporan awal disampaikan kapal belum bisa dievakuasi dan masih dalam proses penanganan," tutur Parman lagi.

Menurut Kasat Polairud, kandasnya KM Madani Nusantara tidak sampai mengganggu arus lalu lintas perairan bagi pengguna jasa perairan atau kapal-kapal lain. Dimana kondisi sekitar TKP terpantau aman dan para kru kapal juga terpantau aman dan sehat. 

Editor: Gunawan Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga