Lantai Puskesmas Sungai Bilu Tiba-tiba Ambles

id lantai amblas
Kita akan cari tempat baru untuk berkegiatan lagi melayani kesehatan masyarakat atas kejadian ini,
Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Lantai salah satu ruangan Puskesmas Sungai Bilu di Jalan Veteran Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tiba-tiba ambles.

"Kita akan cari tempat baru untuk berkegiatan lagi melayani kesehatan masyarakat atas kejadian ini," ujar Kabid Pelayanan dan Sumberdaya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Azwadibah saat berada di Puskesmas Sungai Bilu, Jumat.

Kejadian sekitar pukul 11.00 Wita itu menimbulkan kepanikan petugas puskesmas. Akan tetapi, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Untuk sementara waktu, kegiatan puskesmas terpaksa ditutup.

Menurut dia, amblesnya lantai puskesmas karena bangunan yang sudah tua. Puskesmas tersebut tarakhir direhab sekitar 2005.

"Rencananya mau direhab total ini bangunan puskesmas, sebab sudah diperkirakan tidak layak lagi ditinggali, dan terjadi hal yang tidak diinginkan ini," ucapnya.

Sebenarnya, kata Azwadibah, tanda-tanda akan amblesnya lantai bangunan puskesmas ini sudah terlihat, dengan adanya retakan.

"Pagi tadi karena retaknya agak banyak, maka sebagian petugas mulai memindahkan lemari-lemari berkas, saat mau rapi-rapi ruangan itu tiba-tiba terjadi ambruk," katanya.

Dia mengatakan kejadian ini sudah pihaknya laporkan kepada wali kota, wakil wali kota hingga sekda, sebab para pimpinan pemerintahan itu sudah mengetahui kondisi puskesmas sebelumnya.

"Pak Wali Kota dan istri sudah pernah meninjau puskesmas ini saat Ramadhan lalu, beliau menginstruksikan untuk rehab total karena kondisinya yang sudah mengkhawatirkan," tuturnya.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin akan mengajukan anggaran pada 2018 untuk pembangunan kembali puskesmas tersebut, dengan konstruksi yang lebih bagus dan kokoh.

"Untuk sementara dalam dua atau tiga hari ini kita akan cari tempat yang besar untuk berkegiatan lagi, supaya pasien dan petugas merasa nyaman bekerja," paparnya.

Editor: Ulul Maskuriah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga