Jumat, 28 Juli 2017

Penghargaan Manggala Karya Kencana Pacu Program KB HSS

id Dinas PPKBPPPA HSS, Ketua TP PKK HSS, Bupati HSS, Manggala Karya Kencana
Penghargaan Manggala Karya Kencana Pacu Program KB HSS
Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry bersama Kepala Dinas PPKBPPPA HSS, Is Sulastuti (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antara Kalsel)
"Sosialisasi Program KB sekarang lebih mudah dibandingkan dulu karena masyarakat HSS pun sudah memahami pentingnya ikut ber KB membina keluarga kecil, bahagia dan sejahtera,
Bandar Lampung, (Antanews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry mengatakan diraihnya penghargaan Manggala Karya Kencana bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Penduduk (KKBPK) akan menjadi energi positif untuk memacu pelaksanaan Program Keluarga Berencana (KB) di daerahnya.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan Pemerintah Kabupaten HSS senantiasa bersinergi termasuk mendukung program TP PKK HSS dalam menyukseskan program KB, saat menghadiri malam repsepsi penghargaan Program KKBPK dan serah terima BAST PKB /PLKB, Jumat (15/7).

"Sosialisasi program KB sekarang lebih mudah dibandingkan dulu,  karena masyarakat HSS pun sudah memahami pentingnya ikut ber KB membina keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Hal itu ditunjukkan dari peningkatkan jumlah akseptor aktif dari tahun ke tahun,"katanya.

Menurut dia, di Kabupaten HSS terdapat 144 desa dengan 144 orang tenaga Petugas Pembantu  Keluarga Berencana Daerah (PPKBD) dan dibantu Sub PPKBD  600 orang, dibiayai dari APBD Kabupaten HSS.

Selain itu, tambah dia, pihaknya juga  mendorong pemerintah desa memanfaatkan dana desa dalam pemenuhan tenaga penyuluh KB  yang jumlahnya masih kurang.

Ia mengakui masih adanya kendala kekurangan tenaga penyuluh KB, karena adanya penyuluh yang pensiun dan belum ada penggantinya.

Diharapkan, nantinya melalui serah terima tenaga peyuluh KB dari pemerintah daerah menjadi tenaga pusat maka profesi tenaga penyuluh akan lebih diminati.

Ketua TP PKK Hj Isnaniah Achmad Fikry merasa bersyukur atas diperolehnya tanda kehormatan dan penghargaan Manggala Karya Kencana.

Menurut dia, penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat HSS dan menjadi motivasi bersama menyukseskan program KB.

Dijelaskan dia, setelah membentuk satu  kampung KB tahun 2016 di desa Pakan Dalam, Kecamatan Daha Utara maka tahun ini akan dibentuk enam kampung KB lagi di  enam kecamatan, dilanjutkan  empat kampung lagi untuk sisa  empat kecamatan lainnya.

Pembentukan  sebelas  Kampung KB di HSS direncanakan sesuai dengan 11 jumlah Kecamatan di HSS, maka akan ada satu kampung KB di setiap Kecamatan.

Adapun syarat pembentukan KB antara lain tersedianya data yang akurat, dukungan dari Pemerintah Kabupaten melalui Dinas terkait dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dan pelaksanaan program dan seluruh kegiatan kampung KB di wilayahnya.

"Kriteria pembentukan wilayah kampung KB didasarkan dari petunjuk teknis (juknis) dari BKKBN Pusat meliputi kriteria umum dan khusus yang harus dipenuhi,"katanya.

Ketua Gabungan Istri Wakil Rakyat (Gatriwara) HSS Sri Astuti Syamsuri Arsyad mengucapkan selamat atas diraihnya penghargaan Manggala Karya Kencana oleh Hj Isnaniah Achmad Fikry, Gatriwara sebagai organisasi mitra PKK HSS menyatakan dukungan untuk terlaksananya program-program PKK di daerah.

Editor: Fathurrahman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga