Rabu, 20 September 2017

18 Orang Kontingen HSS Ikuti Harganas XXIV Lampung

id Dinas PPKBPPPA HSS, Ketua TP PKK HSS, Bupati HSS, Manggala Karya Kencana
18 Orang Kontingen HSS Ikuti Harganas XXIV Lampung
Harganas XXIV tahun 2017 di Bandar Lampung, Lampung (Fathurrahman/BKKBN/Antarakalsel)
"Penghargaan ini bentuk apresiasi Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada Hj Isnaniah dari beragam program yang dilaksanakan PKK HSS dalam bidang keluarga berencana dan pembangunan penduduk,"katanya.
Bandar Lampung, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 18 orang kontingen dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV 2017 dari tanggal 12-14 Juli 2017  di Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) HSS, Is Sulastuti mengatakan Harganas agenda rutin tahunan yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

"Beberapa kegiatan Harganas antara lain seminar nasional, aksi kepedulian, Kemah  Keluarga Indonesia (KKI), senam dan jalan sehat, pameran, peluncuran buku dan malam resepsi penganugerahan Penghargaan,"katanya.

Untuk puncak Harganas, Sabtu, (15/7)  akan dilaksanakan di Pusat Kebudayaan dan Olah Raga (PKOR) Way Halim, Lampung direncanakan akan dihadiri Presiden RI Joko Widowo, Menko PMK RI Puan Maharani dan Ibu Negara Irina Joko Widodo.

Dikatakan dia, dalam rangkaian Harganas malam ini, Jum'at (14/7), Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry akan menerima tanda kehormatan dan penghargaan Manggala Karya Kencana bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Penduduk (KKBPPK) dari BKKBN Pusat.

"Penghargaan ini bentuk apresiasi Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada Hj Isnaniah dari beragam program yang dilaksanakan PKK HSS dalam bidang keluarga berencana dan pembangunan penduduk,"katanya.

Program PKK HSS diantaranya untuk mencapai peningkatan peserta KB Metode Jangka Panjang ((MJP) melalui kegiatan bakti sosial PKK, KB kesehatan di seluruh kecamatan dengan didukung fasilitas mobil pelayanan KB, pelayanan pemasangan alat kontrasepsi gratis.

Selain itu, juga melakukan secara berkelanjutan pembinaan kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) serta sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) HSS, Isnaniah telah berhasil mengembangkan pendidikan sejak dini di wilayahnya.

Ditambahkan dia, capaian program tahun 2015 di Kabupaten HSS peserta KB aktif 32.497 akseptor di tahun 2016  meningkat  menjadi 33.392 akseptor.

Begitupula peserta MKJ tahun 2015 berjumlah 2.631 akseptor dan tahun 2016 menjadi 2.963 akseptor dengan angka fertilitas total  2,4  dan tingkat kelangsungan pemakaian kontrasepsi sebesar 80,33.

Selain Isnaniah, tanda kehormatan dan penghargaan bidang KKBPPK di Kalimantan Selatan juga diberikan kepada Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah, Bupati Tanah Bumbu Mardani H  Maming, Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong Hj Syarifah Syifa Anang Syakhfiani.

Editor: Fathurrahman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga