Kamis, 21 September 2017

Pemkab HSS Raih Penghargaan Pastika Parahita

id Dinkes HSS, Wabup HSS, Pemkab HSS, Kemkes RI
Pemkab HSS Raih Penghargaan Pastika Parahita
Wabup HSS H Ardiansyah terima penghargaan Pastika Parahita dari Kemkes RI (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antara Kalsel)
"Sebagaimana visi dan misi kabupaten Hulu Sungai Selatan yang agamis bahwa para alim ulama juga telah mengingatkan kita semua untuk mempunyai perilaku hidup yang sehat", katanya.
Yogyakarta, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) meraih penghargaan berupa plakat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemkes RI) dengan kategori Pastika Parahita.

Kepala Dinas Kesehatan HSS Siti Zainab, di Yogyakarta, Rabu 12/7), mengatakan penghargaan diterima Wakil Bupati  H Ardiansyah yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI H Mohammad Subuh.

"Penyerahan diberikan dalam acara Aliansi Bupati / Walikota peduli Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM),"katanya.

Penghargaan tersebut menurut dia, merupakan apresiasi dari Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Kesehatan RI kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang telah menetapkan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di beberapa fasilitas.

Diantaranya lingkungan pendidikan, pelayanan kesehatan, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, fasilitas olahraga, tempat kerja serta fasilitas umum lainnya.

Wabup  HSS mengatakan bahwa Penghargaan yang diterima bukan untuk berbangga diri tetapi sebagai instrospeksi dan pemicu semangat sebagai Aparatur Pemerintah dalam memberikan contoh kepada masyarakat untuk memiliki gaya atau perilaku hidup sehat, gizi seimbang dalam pola makan yang teratur.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk menanamkan perilaku hidup sehat dan pola makan dengan gizi seimbang terutama bagi anak-anak.

"Sebagaimana visi dan misi kabupaten Hulu Sungai Selatan yang agamis bahwa para alim ulama juga telah mengingatkan kita semua untuk mempunyai perilaku hidup yang sehat", katanya.

Menteri Kesehatan RI Nila Farid  mengatakkan, kesehatan itu sangat penting dan menghimbau agar masyarakat terutamanya kepada anak-anak dan juga remaja untuk tidak merokok.

"Saya sangat mengapresiasi kepada Bupati/Walikota beserta seluruh jajaran di Pemerintah Daerah yang mana telah menetapkan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok serta mengimplementasikannya,"katanya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada daerah yang telah melarang iklan rokok saat memberikan sambutan dalam acara Aliansi Bupati / Walikota peduli KTR dan PTM di Yogyakarta, Rabu (12/7).

Menurut dia, ini sesuai arahan Presiden RI pada Rapat Kerja Kesehatan Nasional Tahun 2017 bahwa jangan sampai ada lagi terdapat anak-anak yang kurang gizi dan berhenti merokok bagi anak-anak dan juga remaja.

Editor: Fathurrahman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga