Rabu, 20 September 2017

Cetak Sawah Baru Wujudkan Swasembada Padi

id padi sawah, bupati Banjar, Swasembada padi Kabupaten Banjar
Cetak Sawah Baru Wujudkan Swasembada Padi
. (Antaranews Kalsel/mc-Banjar)
Martapura, (Antaranews Kalsel) - Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Ir Nasrunsyah bersama dengan Dandim 1006 Martapura Andi Martopo lakukan groundbreaking untuk cetakan sawah baru tahun 2017 di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Desa Tajau Landung, Kamis (13/7).

Sektor pertanian berperan besar dalam kehidupan Di Kalimantan Selatan Khususnya Kabupaten Banjar, Untuk itu kita harus senantiasa berada dalam kondisi yang baik agar mampu mewujudkan ketahanan pangan Nasional.

Oleh karenanya  sangat relevan bila bidang pertanian menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunan yang ada di Kabupaten Banjar, hal tersebut di ungkapkan Dandim 1006 Martapura Andi Martopo.

Menurutnya, ketahanan negara tak bisa dilepaskan dari ketahanan pangan sebagai penunjang kebutuhan dasar rakyat.

"Karenanya, TNI bersama dengan Pemerintah menjalin kerjasama mencetak sawah baru, untuk merealisasikan ketahanan pangan, suksesnya kegiatan perluasan cetak Sawah baru, memerlukan dukungan dan kerja keras semua pihak, baik unsur pemerintah daerah khususnya para Kepala Dinas Pertanian maupun para Kelompok Tani dan stake holder  lainnya sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing," ujar Andi Martopo.

Sementara itu Sekda Kabupaten Banjar Ir Nasrunsyah dalam sambutannya mengatakan cetak sawah baru dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan swasembada padi.

Sebab, belakangan banyak lahan padi yang ada di Kabupaten Banjar dialihfungsikan,hal tersebut berdampak pada penyusutan luas areal padi.

"Cetak sawah baru merupakan wujud nyata komitmen kita bersama, prajurit TNI dan masyarakat setempat untuk berperan aktif dalam mendukung program pemerintah daerah agar upaya swasembada pangan nasional dapat terealisasi," ungkap Nasrunsyah.

Untuk itu dengan diadakannya program ini diharapkannya kepada petani maupun para pelaku usaha tani,agar mampu menggarap lahan pertanian dengan baik, dan sungguh sungguh demi terwujudnya peningkatan kesejahtraan masyarakat petani sendiri maupun pada masyarakat pada umumnya, untuk membangun kemajuan pertanian secara berkesinambungan,jelasnya./f

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga