Kamis, 21 September 2017

Organisasi Pedagang Ikan Terbentuk Di Kotabaru Kalsel

id ikan
Organisasi Pedagang Ikan Terbentuk Di Kotabaru Kalsel
. (Antaranews Kalse)
Kita patut bersyukur bahwa sebagai daerah kepulauan, Kotabaru dianugerahi dengan kekayaan laut yang berlimpah, sehingga banyak masyarakat kita yang bermata pencaharian sebagai,
Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan memiliki Organisasi Pedagang Ikan dan Nelayan (OPIN) bersamaan pembentukan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Advokat OPIN Saijaan.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, di Kotabaru, Kamis, menyambut baik kehadiran organisasi pedagang ikan dan nelayan beserta kantor advokat OPIN Saijaan Mandiri Kotabaru itu.

"Kita patut bersyukur bahwa sebagai daerah kepulauan, Kotabaru dianugerahi dengan kekayaan laut yang berlimpah, sehingga banyak masyarakat kita yang bermata pencaharian sebagai nelayan maupun menggantungkan hidup dari hasil laut," kata Bupati pula.

Menyadari hal tersebut, lanjut Bupati Sayed, keberadaan organisasi pedagang ikan dan nelayan Saijaan Mandiri Kotabaru sangat strategis utamanya untuk mengakomodasi pandangan, menggali potensi serta memberdayakan dan membina para pedagang ikan dan nelayan agar dapat terus berkembang dan berdaya saing.

Karena itu, dirinya menyampaikan selamat kepada jajaran pengurus OPIN Saijaan Mandiri Kotabaru atas telah dibangun kantor OPIN beserta kantor advokat yang operasionalnya akan segera diresmikan.

Menurutnya, dengan adanya gedung advokat, dirinya berharap OPIN Saijaan Mandiri Kotabaru dapat semakin memantapkan tugas dan fungsinya, termasuk untuk dapat menyerap aspirasi masyarakat dengan baik serta sebagai wadah pemersatu para pedagang ikan dan nelayan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

OPIN Saijaan Mandiri Kotabaru juga diharapkan dapat menjadi sarana penyuluhan dan sosialisasi mengenai berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan kelautan dan perikanan, sehingga para nelayan daerah ini dapat mencari ikan dengan aman.

"Pada kesempatan ini saya berpesan kepada pedagang ikan dan khususnya nelayan untuk selalu mentaati peraturan yang berlaku dan tentunya untuk senantiasa menjaga kelestarian alam agar hasil laut yang berlimpah ini tidak rusak akibat tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab," katanya lagi.

Selain itu, para pedagang ikan dan nelayan juga diharapkan dapat berpartisipasi dalam organisasi ini demi kemajuan OPIN Saijaan Mandiri Kotabaru ke depan.

"Manfaatkan serta rawatlah gedung ini dengan baik, sehingga dapat membawa dampak positif bagi kemajuan masyarakat nelayan dan kemajuan Kabupaten Kotabaru," ujar dia pula.

Editor: Ulul Maskuriah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga