Gubernur Minta PPIH Mendengarkan Aspirasi JCH

id Paman Birin, Gubernur Kalsel, JCH Kalsel, JCH 2017
Gubernur Minta PPIH Mendengarkan Aspirasi JCH
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor ketika mencicipi makanan JCH Kalsel. (Antaranews Kalsel/Sukarli)
"Jangan ragu untuk melakukan konsultasi kesehatan kepada petugas medis yang mendampingi selama perjalanan ibadah haji,
Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengharapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Banjarmasin mendengarkan aspirasi para calon haji sehingga pelayanan yang diberikan bisa maksimal.

Menurut Gubernur di Banjarbaru, Rabu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) harus mampu memperhatikan aspirasi calon haji dengan memberikan kemudahan-kemudahan dalam melaksanakan setiap tahapan yang harus dilalui.

"Paling penting lagi rapikan semua administrasi laporan penyelenggaraan ibadah haji, dari perencanaan persiapan sampai laporan akhir penyelenggaraan, sebagai wujud pertanggungjawaban tugas," katanya.

Gubernur mengungkapkan, pihaknya menaruh harapan besar penyelenggaraan ibadah haji 2017 berjalan lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Instansi daerah yang terlibat bisa langsung memberikan pelayanan yang diminta dengan maksimal alias total.

"Saya menaruh harapan besar agar seluruh instansi penyelenggara pelayanan ibadah haji dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji harus memberikan pelayanan optimal dan total," katanya.

Menurut Birin, pengelola Asrama Haji Banjarmasin juga harus segera melakukan persiapan-persiapan dan peningkatan sarana prasarana bagi kemudahan para calon haji yang akan menunaikan rukun Islam kelima itu.

Kepada para calon haji, Gubernur berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara mempersiapkan fisik dari sekarang.

"Jangan ragu untuk melakukan konsultasi kesehatan kepada petugas medis yang mendampingi selama perjalanan ibadah haji. Terapkan pola makan gizi berimbang agar tubuh tetap bugar," katanya.

Sekdaprov H Abdul Haris mengatakan, semua elemen masyarakat terkait juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada calon Jamaah Haji 2017. Ini karena calon jamaah haji yang dilayani adalah para tamu Allah yang harus dimuliakan.

Kepala kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Drs H Noor Fahmi menambahkan, sesuai dengan petunjuk teknis penyelenggaraan ibadah haji 2017 dari pemerintah, penyelenggaraan ibadah haji telah berjalan sesuai rencana.

Pelantikan PPIH 2017 merupakan salah satu rangkaian kegiatan penyelenggaraan ibadah haji. "Semoga kegiatan berjalan sesuai rencana dan seluruh Jamaah Haji Kalsel bisa menunaikan ibadah secara sempurna" katanya.

Calhaj Embarkasi Banjarmasin mulai masuk asrama haji pada 29 Juli ini dan diberangkatkan pada 30 Juli ini, yakni kloter pertama dari Kota Banjarmasin.

"Ada 325 orang yang akan diberangkatkan pada kloter pertama ini, penerbangan akan menggunakan Garuda Indonesia," tuturnya.

Embarkasi Banjarmasin, ungkap Noor Fahmi, akan memberangkatkan sebanyak 17 kloter yang terdiri atas sebanyak 11 kolter dari Kalsel dan lima kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng). Satu kloter sisanya Calhaj gabungan antara Kalsel dan kalteng.

"Jumlah total calhaj yang akan berangkat dari Embarkasi Banjarmasin ini sebanyak 5.248, dengan rincian kuota Kalsel sebanyak 3.831 orang dan kuota Kalteng 1.417 orang," katanya.

Editor: Hasan Zainuddin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga