Sabtu, 22 Juli 2017

Indonesia Sisakan Enam Wakil Kejuaraan Tenis Junior

id tenis, tenis lapangan, AGS 7 Junior Tennis Championships 2017, kompetisi reguler Federasi Tenis Internasional
Indonesia Sisakan Enam Wakil Kejuaraan Tenis Junior
. (Antaranews Kalsel/Berita Indosport - Indopos)
Jakarta, (Antaranews Kalsel) - Indonesia menyisakan enam wakilnya setelah memperoleh hasil positif di putaran kedua AGS 7 Junior Tennis Championships 2017 yang berlangsung di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Rabu.

Berdasarkan pernyataan resmi PP Pelti, yang dikutip di Jakarta, Rabu, wakil Merah Putih itu terdiri dari lima unggulan dan satu petenis nonunggulan yang berhasil melangkah ke fase 16 besar turnamen "grade" 4 dalam kalender kompetisi reguler Federasi Tenis Internasional (ITF) Junior tersebut.

Unggulan ke-14, Giorgio Alessandro Soemarno mampu membuka jalan kemenangan wakil tuan rumah. Remaja kelahiran 4 Maret 2001 itu mengungguli kompatriotnya, Gunawan Trismuwantara 6-3, 6-1.

"Ya, tentu saja senang karena menang dan lolos ke putaran ketiga. Namun secara keseluruhan saya tak begitu puas dengan penampilan hari ini. Jelek sekali, terutama pukulan backhand," tutur Gio dalam pernyataan itu.

Sukses Gio tersebut juga, berhasil diikuti oleh dua tunggal putra Indonesia yang masuk dalam daftar unggulan. Muhammad Althaf Dhaifullah yang merupakan unggulan kesembilan dengan menepiskan perlawanan wakil Perancis, Thibault Gadilhe. Peringkat ITF ke-618 itu menang straight set 7-5 6-4.

Sedangkan unggulan ke-14, Odeda Muhammad Arazza (1041) mengandaskan Matthew Garcia (Filipina) 6-1, 6-1.

Sementara itu petenis bukan unggulan, Muhammad Aditya mampu membuat kejutan nan melegakan kubu tuan rumah. Siswa Sekolah Khusus Atlet Ragunan Jakarta itu menumbangkan unggulan ke-11 asal Malaysia, Jian Keong Takeshi Koey melalui laga rubber set 6-4, 3-6, 6-1.

Di sektor putri, dua putri Indonesia juga masih sanggup melaju ke putaran ketiga. Unggulan ke-12, Samantha Nanere mengalahkan Natalia Michta (Polandia) 6-2, 6-3, sedangkan Janice Tjen (13) tampil meyakinkan saat melumat Marine Michel (Perancis) 6-0, 6-1.

    
      Tantangan Berat

Pada putaran ketiga, Kamis (13/7), enam wakil tuan rumah tersebut bakal melakoni laga berat untuk mengincar peluang meluncur ke perempat final di mana dua petenis Indonesia bakal beradu hebat dengan wakil India. Samantha akan menantang unggulan kelima tunggal putri, Shivani Manjanna (ITF 642) dan Janice melawan unggulan teratas, Tanisha Kashyap (314).

Althaf bakal bentrok dengan unggulan kedelapan Nikit Reddy (India), sementara Odeda menghadapi seeded keempat dari India, Karan Srivastava sedangkan Gio bakal menguji ketangguhan petenis Taiwan, Yu Feng Chen yang berposisi sebagai unggulan ketiga.

"Saya akan berusaha bermain lepas saja, toh target untuk mengoleksi tambahan 10 poin peringkat junior internasional sudah terpenuhi dengan lolos ke babak ketiga ini,¿ ucap Gio yang kini bercokol di peringkat ke-1140  ITF (per 10 Juli) dengan raihan 27,5 poin.

Perhelatan bertajuk AGS 7 Junior Tennis Championships 2017 ini merupakan satu dari empat turnamen junior internasional yang dimiliki oleh Indonesia setiap tahun.

Peraih gelar juara tunggal kejuaraan  ini akan meraup 40 poin, finalis 30, semifinalis 20 dan perempat final 15 serta babak 16 besar sebesar 20 poin./f

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga