Rabu, 20 September 2017

Mampu Panen Raya Ditengah Kepungan Banjir

id bupati Banjar, Panen raya, Wakil Bupati Banjar, Percepatan Tanaman Padi, TMMD, TP PKK Kab Banjar
Mampu Panen Raya Ditengah Kepungan Banjir
. (Antaranews Kalsel/mc-Banjar)
Mampu Panen Raya Ditengah Kepungan Banjir

Martapura, (Antaranews Kalsel) - Petani di Desa pasar Jati Kecamatan Astambul patut bersyukur karena walau , ditengah penghujan yang menyebabkan sebagian besar lahan sawah lebak di Kabupaten Banjar terendam air akibat banjir tahun ini mereka tetap bisa menggelar panen raya.

Bahkan panen raya kali ini dihadiri Bupati Banjar H Khalilurrahman, Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Nur Gita Tiyas, Ketua DPRD Kabupaten Banjar, Dandim 1006/Martapura Andi Martopo, Camat Astambul, serta beberapa kepala SKPD terkait, di Desa pasar Jati Kecamatan Astambul (11/7).

Bupati Banjar menyampaikan ucapan selamat dan terimakasih atas keberhasilan Panen Raya Padi oleh kelompok Tani Sinar harapan II yang merupakan berkat kerja keras seluruh petani, dan tentunya juga berkat dukungan aparat mulai dari PPL, Manteri Tani serta aparat dinas lainnya, termasuk juga dukungan dari TNI, khususnya Babinsa, Koramil serta pihak Kodim baik dalam percepatan tanam, bantuan alsintan maupun dalam percetakan sawah baru.

H Khalillurahman menegaskan, kepada SKPD terkait, agar dapat terus menjalin koordinasi dan kerja sama yang apik dalam hal penanganan masalah ketersediaan pangan di Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar berpesan hingga saat ini pemerintah berupaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan usaha ekonomi.  

"Upaya peningkatan produksi padi yang kita laksanakan baik melalui upaya tanam dua kali setahun atau perluasan areal tanam, disamping untuk meningkatkan pendapatan para petani adalah dalam rangka meningkatkan ketersediaan bahan pangan khususnya beras," kata bupati.

Menurutnya karena beras yang kita hasilkan di Kabupaten Banjar juga untuk mensuplai kebutuhan beras di daerah lain seperti Banjarbaru, Banjarmasin bahkan propinsi tetangga.

Demikian juga produk hasil pertanian lain seperti sayuran dan buah-buahan.

Di akhir acara Bupati Banjar bersama Wakil Bupati Banjar memberikan hadiah bagi para petani yang mampu menjawab pertanyaan Bupati Banjar dengan benar,  mereka perlu diberi penghargaan agar lebih semangat lagi untuk bertani.

Penghargaan ini diharapkan dapat memicu semangat para petani lainnya supaya dapat terus meningkatkan produksinya di tahun-tahun mendatang. (inas/irwin/f)

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga