Kamis, 21 September 2017

LAN Dukung Kalsel Jadi Pusat Diklat ASN

id Haris Makkie, LAN Dukung Kalsel Jadi Pusat Diklat ASN, Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2
LAN Dukung Kalsel Jadi Pusat Diklat ASN
. (Antaranews Kalsel)
...kami melihat tekad kepala daerah, sangat kuat mendukung peningkatan kualitas sumber daya aparatur negara.
Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia mengapresiasi upaya Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menjadikan daerah ini sebagai pusat pendidikan dan pelatihan bagi aparatur sipil negara (ASN).

Hal tersebut diutarakan Dr Muhammad Idris pada Acara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II, di Gedung Dr KH Idham Chalid, Perkantoran Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Senin.

Menurut dia, LAN RI sangat menghargai upaya Gubernur Kalsel dan jajarannya untuk mewujudkan daerah ini sebagai pusat pendidikan dan pelatihan bagi aparatur sipil negara, terutama Diklatpim II.

"Penyelenggaraan Diklatpim II ini merupakan tahap uji coba sebelum pada 2018, Kalsel menjadi tempat penyelenggaran diklatpim II mandiri.

Terlebih, tambah dia, kami melihat tekad kepala daerah, sangat kuat mendukung peningkatan kualitas sumber daya aparatur negara.

Idris menambahkan, peluang Kalsel menjadi tempat penyelenggaraan Diklatpim II mandiri, juga didukung letak Kalimantan Selatan berada di tengah-tengah Indonesia.

Dikatakan, tujuan Diklatpim II untuk mempersiapkan para pemimpin strategis di birokrasi pemerintah daerah.

"Mereka-mereka inilah yang akan merancang kebijakan nasional dan oleh karena itu harus terdidik dengan kapasitas luar bisa," katanya.

Gubernur Sahbirin Noor mengatakan, tekad mewujudkan Kalsel sebagai pusat diklat terutama bagi tingkat pimpinan pratama tinggi merupakan tekad dan mimpi besarnya.

Cita-cita tersebut mulai terwujud dengan dilaksanakannya tahap uji coba penyelenggaraan diklatpim II di Kalsel. Mudah-mudahan, tambah dia, ke depan penyelenggaraan diklatpim II ini akan diselenggarakan Kalsel secara mandiri.

"Ini adalah mimpi saya waktu menghadiri acara Jambore Inovasi di Kalimantan Utara. Hari ini menjadi kenyataan," katanya.

Menurut gubernur, Aparatur Sipil Negara memegang peranan penting bagi akselerasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Oleh karena itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas memiliki kompetensi kepemimpinan yang baik serta mampu

Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) Dr Mariman Darto menambahkan, Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II ini patut disyukuri.

Karena ini menjadi yang pertama di Kalimantan pada tahun 2017. Selain itu hal yang tidak kalah penting adalah kolaborasi antara LAN dengan Pemprov Kalsel untuk mendirikan Politeknik Administrasi Negara di Kalsel guna pengembangan kapasitas Aparatur Sipil Negara.

Editor: Imam Hanafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga