Jumat, 28 Juli 2017

Jamaah Calon Haji Batola Bertambah 20 Orang

id Kepala Kantor Kementeriaan Agama, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, H Rusmadi, CJH 2017
Jamaah Calon Haji Batola Bertambah 20 Orang
. (Antaranews Kalsel/humas)
Marabahan,  (Antaranews Kalsel) - Kepala Kantor Kementeriaan Agama Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, H Rusmadi menerangkan, tahun 2017 jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Barito Kuala bertambah sebanyak 20 orang dibanding tahun 2016 berjumlah 201 orang.

"Pada tahun 2017 jumlah JCH Batola sebanyak 221 orang, bila dibandingkan tahun 2016 terjadi penambahan jumlah sebanyak 20 orang," ujar Kepala Kantor Kemenag Batola H Rusmadi, di Marabahan, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan jadwal JCH Batola akan memasuk Aasrama Haji Landasan Ulin Banjarbaru tanggal 23 Agustus 2017 dan berangkat menuju Jeddah dari Embarkasi Syamsudin Noor tanggal 24 Agustus 2017.

Dijelaskannya, JCH Batola tergabung dengan kloter 16 bersama rombongan haji dari Tabalong, Tanah Laut, Hulu Sungai Utara dan Balangan.

Sedangkan kepulangan JCH Batola, jelas dia, diperkirakan pada tanggal 4 Oktober 2017 mendatang.

Terkait dengan pelaksanaan manasik haji yang pihaknya laksanakan, ungkap dia, dilakukan dalam dua tahap yakni, tahap I dari tanggal 5 sampai 17 Juli 2017 di Kantor Urusan Agama masing-masing kecamatan.

Untuk manasik haji tahap II, terang dia, dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2017, di ibukota kabupaten sekaligus penutupan.

Tujuan dilaksanakannya manasik, sebut dia, untuk memberikan pembekalan kepada calon jemaah haji tentang bagaimana melaksanakan ibadah haji yang benar, sesuai syariat Islam dan mandiri untuk terwujudnya haji yang mabrur.

Ditambahkan, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Batola HA Fauzi mengatakan, pelaksanaan manasik dibagi dalam dua tahapan yakni, 5 Juli 2017 dengan materi kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji.

Pemateri yang akan menyampaikan, terang dia, Kepala Kantor Kemenag Batola H Rusmadi, sedangkan materi kebijakan Aparatur Sipil Negara muatan haji disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Batola Sugian Nor.

"Pelaksanaan tahapan II 8 Juli 2017, materi pembentukan kelompok terbang dan keselamatan penerbangan oleh Ketua KBIH Nur Ala Nur H Asqalani serta pemantapan manasik haji dan melestarikan kemabruran haji oleh H Syukriansyah," demikian tegasnya.

Editor: Hasan Zainuddin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga