Senin, 26 Juni 2017

Dishub Kalsel Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

id angkutan lebaran, dishub Kalsel, Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan Rusdiansyah
Dishub Kalsel Uji Kelaikan Angkutan Lebaran
. (Antaranews Kalsel)
Pagi ini kami bekerja sama dengan Polri melakukan uji kelaikan angkutan umum untuk mengangkut arus mudik ke berbagai daerah di wilayah Kalimantan,
Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan Rusdiansyah mengatakan mulai Kamis sekitar pukul 09.00 Wita, pihaknya bersama Kepolisian Daerah Kalsel melakukan uji kelaikan angkutan Lebaran 2017.

"Pagi ini kami bekerja sama dengan Polri melakukan uji kelaikan angkutan umum untuk mengangkut arus mudik ke berbagai daerah di wilayah Kalimantan," katanya di Banjarmasin Kamis.

Untuk menguji kelaikan angkutan tersebut, pihaknya telah menyiapkan tim yang memiliki kemampuan untuk menguji seluruh jenis angkutan di Terminal Kilo Meter Enam Banjarmasin.

"Jadi mulai hari ini, seluruh angkutan umum yang akan berangkat, baik antarkota maupun antarprovinsi akan langsung diuji, untuk memastikan seluruh angkutan yang disiapkan aman untuk penumpang," katanya.

Dia mengharapkan melalui uji kelaikan tersebut, perusahaan angkutan di Kalsel mulai memperbaiki dan meremajakan seluruh angkutan yang memang tidak layak jalan.

Selain melakukan uji kelaikan angkutan, seluruh posko angkutan mudik juga mulai dioperasionalkan, untuk membantu seluruh penumpang yang mengalami kesulitan saat mudik.

Melalui posko tersebut, kata dia, seluruh penumpang yang mengalami berbagai kesulitan, bahkan persoalan kesehatan, bisa ditangani dengan cepat.

"Bukan hanya penumpang, sopir angkutan juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, untuk memastikan bahwa saat membawa penumpang, mereka dalam keadaan sehat," katanya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan angkutan Pertamina di PT Pertamina Depot Banjarmasin di Jalan Kuin Selatan, Kelurahan Kuin Cerucuk, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Pengecekan laik jalan mobil operasional Pertamina tangki BBM, antara lain pemeriksaan panel armada seperti klakson, rem, pedal gas, pedal rem, pedal kopling, lampu rotari, lampu sen, lampu dim, lampu panjang, dan lampu pendek.

Selanjutnya petugas juga melakukan pengecekan "safety tools", seperti kotak P3K, "red cone", pengganjal ban, dan "tool kits" lainnya.

Editor: Hasan Zainuddin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga