Kamis, 29 Juni 2017

Bupati Minta Masyarakat Banjar Lebih Peduli Lingkungan

id Bupati Banjar, apel PNS Banjar, Minta Masyarakat Banjar Lebih Peduli Lingkungan
Bupati Minta Masyarakat Banjar Lebih Peduli Lingkungan
. (Antaranews Kalsel/mc-Banjar)
Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Khalilurahman meminta masyarakat agar lebih peduli lingkungan sehingga bisa mewujudkan kelestarian alam sekitar dan kebersihan lingkungan.

"Kepedulian terhadap lingkungan harus dimulai dari lingkup terkecil sekitar kita sehingga berdampak positif bagi kelestarian alam dan lingkungan," ujar bupati di Martapura, Senin.

Pernyataan itu disampaikan bupati melalui Sekretaris Daerah Nasrun Syah saat memimpin apel gabungan lingkup Pemkab Banjar di halaman kantor bupati diikuti ratusan aparatur sipil negara.

Menurut sekda, pernyataan bernada ajakan itu ditujukan kepada ASN terkait peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia dengan tema nasional "Untuk Indonesia yang lebih hijau dan sehat".

"Kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab satu atau dua pihak tetapi merupakan tanggung jawab seluruh anggota masyarakat sehingga kita harus lebih peduli," ajaknya.

Ia mengatakan, bupati Banjar sudah menggalakkan kebijakan pro lingkungan dalam upaya mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan hijau sehingga menciptakan kenyamanan.

Disebutkan, kebijakan yang dijalankan seperti program gerakan menanam hari kamis (Gamis) hijau, kampung hijau dan juga instruksi bupati berkaitan masalah lingkungan dan kebersihan.

"Bupati juga sudah menginstruksikan penataan kawasan dan penghijauan serta menerapkan perda larangan membuang sampah sembarangan dan kesadaran menjaga lingkungan," ucapnya.

Dikatakan, selama ini kepedulian masyarakat Kabupaten Banjar terhadap lingkungan cukup tinggi terbukti dari dukungan penuh memelihara kebersihan lingkungan sekitarnya.

"Dukungan dari masyarakat berbuah penghargaan adipura yang diraih empat kali berturut-turut sehingga diharapkan masyarakat terus peduli lingkungan agar tetap bersih dan sehat," ujarnya.

Ditambahkan, kebersihan lingkungan yang sudah tercipta menjadi modal untuk menghadapi penilaian adipura kencana 2017 yang sudah memasuki tahap dinilai dewan adipura nasional.

"Kami akan memaparkan berbagai kegiatan dan terobosan berkaitan dengan lingkungan di depan tim penilai dewan lingkungan di Jakarta. Harapannya bisa meraih adipura lagi," katanya.

Editor: Imam Hanafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga