Kamis, 29 Juni 2017

Melingai Sanggam Oleh BWS Diikutkan Untuk Lomba Nasional

id Melingai, Sanggam, Balangan, Galumbang
Melingai Sanggam Oleh BWS Diikutkan Untuk Lomba Nasional
Melingai Sanggam Diikutkan oleh BWS untuk mengikuti Lomba Masyarakat Peduli Sungai se Indonesia, tampak kegiatan anggota Melingai membersihkan Drainase di bilangan Desa Panggung, Kecamatan Paringin Selatan, Balangan. Antaranews Kalsel/Hasan Z (a)
     Paringin, (Antaranews Kalsel)- Masyarakat Peduli Sungai  (Melingai)  Sanggam, Kabupaten Balangan, dipilih oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) II Kalimantan, sebagai peserta mewakili Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengikuti lomba Masyarakat Peduli Sungai se Indonesia.

     Dengan dipilihkan Melingai Sanggam sebagai peserta nasional maka oleh BWS Melingai Sanggam harus menyampaikan kertas paparan mengenai profil Melingai Sanggam Paling Lambat, Kamis (8/6) ini kata Ketua Melingai Sanggam An Noor, Kamis.
     Menurut An Noor yang sering disebut Prabu tersebut, keikut sertaan Melingai Sanggam dalam lomba nasional karena dinilai kelompok ini begitu aktif melakukan pelestarian lingkungan, dengan penananam pohon penghijauan, pembersihan drainase, sungai, serta edukasi mengenai lingkungan ke masyarakat.
     Paparan Melingai Sanggam tersebut setelah dikirim ke Jakarta kemungkinan akan dipresentasikan lagi pada perkiraan Juli 2017 nanti.
     Selain Melingai Sanggam yang diikkutkan dalam lomba antara pecinta lingkungan se tanah air tersebut juga diikutkan Barangai Rantau Kabupaten Tapin yang juga dinilai aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan.
     Menurut Prabu dalam paparan nanti akan ditambilkan profil lengkap dengan aneka foto-foto kegiatan terutama keberhasilan kelompok mereka merubah kawasan yang tadinya terbengkalan tidak berarti apa-apa  kini menjadi objek wisata yang disebut Waterbat (air tabat).
     Waterbat adalah kawasan danau tabat basar yang dulunya diserang gulma keyapu lalu oleh Melingai dibersihkan hingga menjadi indah dan menarik.
     Kawasan tersebut setelah dilengkapi dengan berbagai fasilitas wilayah seperti raket bambu besar dan kecil dan ban-ban dalam kendaraan bermotor kini telah menjadi lokasi bermain dan selalu ramai dikunjungi wisatawan khususnya hari Minggu.
     Keberhasilan kami itulah yang abakal kami tonjolkan dalam lomba tersebut, selain keberhasilan membersihkan drainase dan irigasi di persawahan hingga kini aliran drainase dan irigasi menjadi lancar, demikian Prabu.

Editor: Hasan Zainuddin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga