Selasa, 27 Juni 2017

Stok Darah Cukup Hingga Lebaran

id donor darah, PMI, Stok Darah, Cukup Hingga Lebaran
Stok Darah Cukup Hingga Lebaran
. (Antaranews Kalsel/dok.)
Sudah menjadi kebiasaan, selama Ramadhan stok darah menipis karena relawan yang bersedia donor darah berkurang dari biasanya, sementara kebutuhan relatif stabil seperti di luar Ramadhan,
Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Persediaan darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, diprediksi cukup untuk keperluan hingga Idul Firi 1438 Hijriah .

"Stok darah di RSUD saat ini mencapai 300 kantong, sedangkan kebutuhan rata-rata 130 kantong darah setiap bulan," kata Direktur RSUD Tanah Bumbu Harry melalui Kepala Bagian Tata Usaha M. Saleh di Batulicin, Jumat.

Dia mengatakan stok untuk golongan darah A ada 82 kantong, golongan darah B 86 kantong, golongan darah O 75 kantong, dan golongan darah AB 57 kantong.

Pihak RSUD menjalin kerja sama dengan Palang Marah Indonesia (PMI) Tanah Bumbu untuk memenuhi stok darah dengan mengelar donor darah di beberapa instansi.

"Sudah menjadi kebiasaan, selama Ramadhan stok darah menipis karena relawan yang bersedia donor darah berkurang dari biasanya, sementara kebutuhan relatif stabil seperti di luar Ramadhan," ujarnya.

Beberapa bulan terakhir, RSUD Tanah Bumbu sempat kekurangan stok darah, di mana jumlah kebutuhan pasien dengan para relawan yang menyumbangkan darahnya tidak sebanding.

Dia mengakui stok darah yang paling langka, yakni golongan darah AB, rata-rata setiap bulan jumlah stok untuk golongan darah tersebut berkisar 40 kantong.

Dia menjelaskan bagi relawan yang belum pernah melakukan donor darah, tidak perlu takut untuk menjadi pendonor, sebab makin rutin melakukan donor maka tubuh menjadi makin sehat.

Ia menjelaskan adanya 28 manfaat donor darah bagi kesehatan, salah satu manfaat kesehatan bagi para pendonor, yaitu melindungi jantung. Mereka yang secara aktif mendonorkan darah akan mendapati jantung yang jauh lebih sehat.

"Menurunkan risiko terkena kanker, membantu menurunkan level zat besi pada darah, dan pembaharuan sel-sel darah secara rutin," ucapnya

Editor: Imam Hanafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga