Selasa, 27 Juni 2017

BPBD Tanah Bumbu Imbau Masyarakat Waspadai Bencana

id Bpbd Tanah Bumbu, bencana alam, BPBD Tanah Bumbu, Imbau Masyarakat Waspadai Bencana, Kepala BPBD Tanah Bumbu Eka Saprudin
BPBD Tanah Bumbu Imbau Masyarakat Waspadai Bencana
BPBD Tanah Bumbu Imbau Masyarakat Waspadai Bencana alam seperti banjir.(Antaranews Kalsel/ist.)
BPBD Tanah Bumbu telah melakukan beberapa langkah untuk mencegah bencana benjir dengan memasang alat pendeteksi banjir di daerah rawan bencana banjir di Desa Jombang, Kecamatan Satui dan Kusan Hulu,
Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengimbau masyarakat "Bumi Bersujud" itu waspada terhadap bencana banjir maupun tanah longsor.

Kepala BPBD Tanah Bumbu Eka Saprudin melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap Siagaan Abdul Rahim di Batulicin, Jumat, mengatakan beberapa hari terakhir cuaca dan intesitas hujan cukup tinggi.

Keadaan itu, katanya, berpotensi menimbulkan bencana alam, sehingga masyarakat harus berhati-hati dan selalu waspada.

"BPBD Tanah Bumbu telah melakukan beberapa langkah untuk mencegah bencana benjir dengan memasang alat pendeteksi banjir di daerah rawan bencana banjir di Desa Jombang, Kecamatan Satui dan Kusan Hulu," katanya.

Dia menjelaskan keunggulan dari alat tersebut mampu mendeteksi banjir lima jam lebih awal saat hujan terjadi.

Selain memprediksi datangnya banjir juga mampu mendeteksi tingkat curah hujan yang akan turun, sehingga bisa diantisipasi lebih awal agar tidak terjadi banjir.

Wilayah yang berpotensi terjadi banjir merupakan kecamatan yang dialiri tiga sungai besar, di antaranya Kecamatan Batulicin, Kusan Hulu, dan Kecamatan Satui, sedangkan wilayah yang berpotensi longsor adalah Kecamatan Mentewe.

Upaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diingingkan saat hujan lebat, katanya, masyarakat yang melalui jalan-jalan pegunungan diingatkan lebih berhati-hati atau berhenti sebentar menunggu hujan reda.

Untuk wilayah potensi terjadi angin kencang dan abrasi adalah Kecamatan Kusan Hilir dan Satui.

"Mengingat cuaca belakangan ini cukup ekstrem dengan hujan lebat disertai angin kencang, kami terus menyampaikan imbauan agar masyarakat lebih berhati-hati dengan ancaman bencana kapan saja bisa terjadi," katanya.

Selain memberikan imbauan dan peringatan dini, BPBD Tanah Bumbu juga menyebar nomor kontak Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) di spanduk maupun radio untuk mempermudah masyarakat melaporkan jika terjadi bencana.

"Pemkab Tanah Bumbu siap melakukan penanggulangan bencana dengan mempersiapkan beberapa personel yang terlatih yang disediakan oleh BPBD yang sudah tersebar di beberapa titik yang rawan dengan bencana banjir dan tanah longsor," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan surat edaran kepada masyaraka merlalui kepala desa untuk mewaspadai musim kemarau untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan.

Pihaknya juga berharap kerja sama masyarakat dengan pemerintah yang terkait agar bisa melakukan tindakan cepat dalam menangani musibah dengan tepat sasaran.

Editor: Imam Hanafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga