Senin, 21 Agustus 2017

Bupati Pimpin Apel Kesiapsiagaan Karhutla PT SAM

id PT. SAM, Bupati HSS, Karhutla, Pemkab HSS, Kominfo HSS
Bupati Pimpin Apel Kesiapsiagaan Karhutla PT SAM
Apel Kesiapsiagaan Karhutla PT.SAM Tahun 2017 (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antara Kalsel)
"Kegiatan ini bagian dari tekad dan semangat bersama untuk lebih meningkatkan kepedulian dan kebersamaan dalam rangka pengendalian kebakaran hutan, lahan dan kebun,
Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan PT. Subur Agro Makmur SAM) menggelar kegiatan apel kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan tahun 2017  di lapangan Sepak Bola PT. SAM, Bajayau, Kecamatan Daha Barat, Rabu (24/5).

Apel kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan dipimpin Bupati HSS, H Achmad Fikry  diikuti oleh peserta Apel dari Pasukan Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Regu Pemadam dari Perusahaan PT. SAM.

Bupati HSS dalam sambutannya mengatakan apel kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini adalah hal yang penting dan sangat strategis.

Dijelaskannya, terjadi penurunan signifikan titik api di Kabupaten Hulu Sungai Selatan karena pada tahun 2015 terpantau 226 titik api dan tahun 2016 turun hanya 26 titik api.

"Kegiatan ini bagian dari tekad dan semangat bersama untuk lebih meningkatkan kepedulian dan kebersamaan dalam rangka pengendalian kebakaran hutan, lahan dan kebun,"katanya.

Meliputi aspek pencegahan dan aspek penanganan saat kebakaran maupun pasca kebakaran secara komprehensif dan terpadu dengan melibatkan seluruh stake holder terkait.

Selanjutnya Bupati menyampaikan, secara kelembagaan Pemkab HSS melalui OPD terkait telah menempuh upaya- upaya pengendalian kebakaran hutan, lahan dan kebun sebagaimana arahan dari pemerintah pusat.

Menurutnya, upaya itu antara lain membentuk brigade pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan, lahan dan kebun tingkat kabupaten, membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) dan kelompok tani peduli api (KTPA).

Bupati menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar sejak dini mempersiapkan sumber daya manusia dan peralatan untuk mencegah kemungkinan terjadinya bencana kebakaran, baik rumah maupun hutan, lahan dan kebun.

Selain, itu juga agar terus mensosialisasikan cara pembukaan lahan pertanian dan perkebunan melalui metode pembukaan lahan tanpa bakar, sehingga kebakaran hutan dan lahan dapat kita minimalkan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hibah dari Pemerintah Kabupaten HSS kepada Kerukunan Barisan Pemadam Kebakaran Kabupaten HSS sebesar Rp750 Juta dan Palang Merah Indonesia HSS sebesar Rp 500 Juta.

Dilakukan penandatanganan komitmen bersama pencegahan Karhutla mulai dari Bupati, unsur Forkompinda, dan Manajemen PT. SAM, Peresmian Mess PT. SAM yang ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati HSS.

Kemudian, Penyerahan Piagam Perhargaan kepada BPK/PMK/Team Relawan dan kegiatan apel kesiap siagaan dan lomba Damkarhutla PT. SAM dan terakhir dilakukan penanaman pohon buah trofis di seputaran areal Mess PT. Subur Agro Makmur.

Turut hadir dalam apel kesiapsiagaan tersebut Direktur Area B4 PT. Astra Agro Lestari Gunawan Lubis, DIC CCD PT. Astra Agro Lestari Sugito, Administrator PT. SAM Jonet Budiarto, perwakilan unsur Forkompinda, Kepala SOPD Lingkup Kabupaten HSS, Camat Daha Barat, Daha Utara dan Daha Selatan.

Editor: Fathurrahman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga