Kapolda : Gencarkan Razia Cipta Kondisi "Harkamtibmas"

id Kapolda Kalsel, Rachmat Mulyana , Racipta kondisi, kapolda
Kapolda : Gencarkan Razia Cipta Kondisi
Kapolda Kalsel Beigjen Pol Rachmat Mulyana (Antarakalsel/foto/Firman)
Saya sudah perintahkan Direktorat Reserse Kriminal Umum dan Direktorat Reserse Narkoba untuk terus melaksanakan kegiatan cipta kondisi, baik secara preemtif, preventif maupun represif,
Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Rachmat Mulyana memerintahkan jajarannya untuk menggencarkan melaksanakan razia cipta kondisi untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan.

"Saya sudah perintahkan Direktorat Reserse Kriminal Umum dan Direktorat Reserse Narkoba untuk terus melaksanakan kegiatan cipta kondisi, baik secara preemtif, preventif maupun represif," kata Kapolda di Banjarmasin, Rabu.

Menurut Kapolda, banyak kriminalitas yang patut diwaspadai masyarakat seiring datangnya bulan puasa. Kejahatan konvensional seperti pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan penjambretan intensitasnya cenderung meningkat.

"Kita ketahui bersama, tingginya kebutuhan ekonomi saat Ramadhan juga memicu para pelaku kriminal untuk beraksi mencukupi kebutuhan hidup. Hal ini patut diwaspadai agar kita tak menjadi korban kejahatan," ucap orang nomor satu di jajaran Polda Kalsel itu.

Ia menambahkan, tak hanya tindak kriminalitas, dirinya juga menginstrusikan razia penyakit masyarakat, agar datangnya bulan suci bagi umat Islam tidak ternodai oleh oknum warga yang berbuat hal-hal menyimpang, baik melanggar norma-norma agama maupun hukum.

"Direktorat Sabhara tiap hari menggelar razia tempat-tempat yang dicurigai dijadikan lokasi berbuat hal-hal menyimpang seperti penginapan, kos-kosan dan lain sebagainya. Kalau ada ditemukan semua saya perintahkan diproses sesuai hukum berlaku. Misal ada mabuk-mabukan, berbuat mesum dan lain sebagainya," jelas Rachmat.

Kapolda juga mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif jelang Ramadhan tahun ini. Bagi warga yang menemukan aktivitas seseorang atau kelompok yang mencurigakan harap segera melaporkannya ke petugas kepolisian terdekat.

"Peran serta masyarakat sangat diharapkan agar daerah kita yang sangat aman kondusif ini bisa terus terjaga. Bagi pelaku kejahatan yang coba-coba berbuat onar, siap-siap berhadapan dengan aparat yang sudah saya perintahkan bertindak tegas," ujar pria yang baru saja menjabat sebagai Kapolda Kalsel itu. 

Editor: Gunawan Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga