Wisatawan Kagumi Keindahan Air Terjun Wera

id air terjun, Air Terjun Wera, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Desa Wera, Kabupaten Sigi,
Wisatawan Kagumi Keindahan Air Terjun Wera
. (Antaranews Kalsel/sumbar/Papa Hiu - blogger)
Sigi, Sulteng, (Antaranews Kalsel) - Air terjun Wera yang terletak sekitar 30 kilometer selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyimpan keindahan yang menakjubkan bagi para pengunjungnya.

"Wow, panorama alam luar biasa dan sangat indah dan menarik," kata Rahel, seorang wisatawan asal Eropa yang ditemui di Desa Wera, Kabupaten Sigi, Minggu.

Ia mengaku baru pertama kali mengunjungi obyek wisata yang berada di tengah hutan lindung itu.

"Saya bisa datang ke tempat ini karena diajak oleh teman yang tinggal di Kota Palu," katanya.

Tempat ini sangat indah dan menakjubkan, airnya sangat dingin dan alamnya sejuk sekali sehingga membuat mengunjung tidak mau beranjak pulang dan ingin berlama-lama menikmati air terjun dan alam di sekitarnya.

Rudi, seorang warga Desa Wera mengatakan setiap hari libur banyak wisatawan mancanegara dan lokal yang datang berkunjung ke obyek wisata tersebut.

Ia mengatakan air terjun Wera terletak di kawasaan taman wisata seluas kurang lebih 250 hektare yang terdiri atas kawasan hutan lindung.

Di sekelilingnya adalah daerah perbukitan dan hutan lindung. Selain Air Terjun Wera, juga terdapat lembah, Sungai Wera dan bukit-bukit.  
   
Sungai Wera adalah sungai utama dan memiliki jeram setinggi 80 meter dan lebar 3 meter.

Kawasan taman wisata Wera, vegetasi utamanya adalah semak dan padang rumput, serta hutan sekunder dengan pepohonan tua.

Pohon yang dapat ditemui di kawasan obytek wisara itu antara lain dracontomelon mangiferrumn, drypetes sp, pterospermum ferrugineum, litsea sp dan avicenia marina.

Sedangkan hewan-hewan yang ada adalah monyet hitam Sulawesi, ayam hutan, kus-kus, gagak, burung kasuari, tarsius dan beberapa jenis mamalia.

Jalan menuju air terjun Wera hanya jalan setapak sehingga sangat menarik bagi wisatawan.

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga