Bank Rayat Indonesia (BRI) berupaya menanamkan budaya menabung di kalangan masyarakat, agar sistem perencanaan keuangan mengimbangi kebutuhan dimasa datang menjadi lebih baik.



Kepala Cabang BRI Batulicin, Setyarta, di Batulicin, Minggu mengatakan, untuk memancing masyarakat gemar menabung maka setoran awal tabungan BRI khusus untuk Program Simpedes relatif cukup murah dan terjangkau masyarakat.


"Membuka tabungan Simpedes cukup Rp100.000, setiap kelipatanya kami beri kupon undian untuk meraih hadiah," kata Setyarta, pada saat memberi sambutan dalam acara Pesta Rakyat nasabah Simpedes, di Batulicin, Minggu.


Menurut Setyarta, kebiasaan menabung merupakan salah satu budaya yang patut dikembangkan, khususnya bagi generasi muda agar sistem perencanaan masa depanya lebih terarah.


Dengan begitu semua masalah keinginanya memiliki segala sesuatu seperti membeli rumah, mobil, fasilitas kerja, dan pendidikan yang layak bisa mudah terwujud.


Selain program tabungan, katanya, BRI juga memiliki program pengucuran kredit bagi masyarakat tertentu yang ingin secepatnya memiliki rumah hunian.


Jumlah kredit diberikan setelah pihak yang bersangkutan bersedia membayarkan uang muka pembelian rumah sebesar 20 persen, dan sisanya akan ditanggung oleh pihak BRI. Baru kemudian, uang yang dibayar BRI harus dicicil secara kredit oleh orang yang bersangkutan.


"Kalau mengandalkan tabungan, mungkin untuk membeli rumah dengan harga Rp100 juta kita perlu waktu hingga lima tahun. Tapi begitu tabungan selasai bisa jadi harga rumah sudah kembali naik. Sehingga keinginan kita untuk membeli rumah takkan pernah terwujud," jelas Setyarta.


Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming yang diwakili Assisten III bidang ekonomi, sosial, dan budaya, Ambo Sakka yang turut hadir dalam acara tersebut juga menegaskan kebiasaan masyarakat yang lebih suka menabung agar lebih ditingkatkan.


Kebiasaan itu diharapkan tidak hanya didasari atas keinginan menabung untuk meraih hadiah saja, tapi atas kesadaran mengatur untuk kebutuhan ekonomi yang labih baik. 


"Kami senang dengan adanya hadiah tabungan BRI. Namun seharusnya kita menabung tidak atas keinginan mendapat hadiah, melainkan kesadaran yang semestinya ditanamkan pada masing-masing keluarga," kata Ambo Sakka, dalam Pesta Rakyat tersbut.


Pesta Rakyat dimeriahkan hiburan musik dangdut dan senam pagi bersama masyarakat Batulicin. Puluhan hadiah dari tabungan Simpedes yang telah di undi melalui pesta rakyat tersebut antara lain berupa kulkas, TV, kipas angin, kompor gas, rice box, magic com, dua buah sepeda gunung, lima buah black barry, sembilan unit sepeda motor, dan dua unit mobil avansa.yanto/B

Editor: Asmuni Kadri
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar