Kamis, 29 Juni 2017

Pelaksanaan UNP Masih Kurang Tersosialisasi

id Pendidikan, UN, SDM
Pelaksanaan UNP Masih Kurang Tersosialisasi
Ilustrasi. (Antaranews Kalsel/Roly S)
Semestinya Dinas Pendidikan provinsi yang mensosialisasikan rencana dan jadwal pelaksanaan UNP sehingga lebih banyak mahasiswa atau lulusan SLTA yang mengetahui jadwal UNP,"
Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan (UNP) masih kurang tersosialisasi dikalangan mahasiswa sehingga banyak yang belum mengetahui waktu pelaksanaannya.


Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan (Kalsel) berharap Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel yang bisa mensosialisasikan jadwal pelaksanaan UNP ini keberbagai univeristas dan perguruan tinggi di Banjarmasin.

Kepala Seksi Kurikulum Hamli di Amuntai, Rabu mengatakan pihaknya hanya menyurati sekolah-sekolah di Amuntai yang selanjutnya pihak sekolah yang menghubungi masing-masing alumni tentang jadwal pelaksanaan UNP.

"Semestinya Dinas Pendidikan provinsi yang mensosialisasikan rencana dan jadwal pelaksanaan UNP sehingga lebih banyak mahasiswa atau lulusan SLTA yang mengetahui jadwal UNP," ujar Hamli.

Hamli mengatakan, berdasarkan informasi yang ia dapat dari beberapa mahasiswa di Banjarmasin masih banyak yang belum mengetahui jadwal pelaksanaan UNP sehingga terlambat mendaftar untuk ikut UNP.

Ia menginformasikan pada pelaksanaan UNP 2016 yang dimulai pada 28 Agustus telah terdaftar secara online sebanyak 719 orang namun ketika daftar ulang berkurang menjadi hanya 489 orang, diduga karena mahasiswa terbentur jadwal perkuliahan di universitas atau perguruan tinggi.

"Disini juga masih kurang kerjasama dan dukungan pihak universitas, semestinya memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengikuti UNP," katanya.

Untuk pelaksanaan UNP 2016, lanjut Hamli, ujiannya dilaksanakan secara online dan sebanyak tiga buah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Amuntai menjadi lokasi pelaksanaan UNP yang akan berakhir pada 9 September nanti.

"Tidak ada kendala terkait ketersediaan komputer atau laptop untuk ujian online UNP ini, kendala hanya pada sosialisasi dan dukungan universitas atau perguruan tinggi," tandasnya.

Ia mengakui pada pelaksanaan UNP tahun sebelumnya masih sangat sedikit mahasiswa yang ikut UNP di kabupaten HSU karena masih kurang sosialisasi mengingat UNP 2015 merupakan pelaksanaan pertama kali UNP.

Hamli menginformasikan, untuk pelaksanaan UNP di HSU dibagi dua jenjang, yakni untuk alumnus SMK yang keseluruhan dilaksanakan di SMK 1 Amuntai sebanyak 163 orang dan jenjang SMA/MA yang lokasinya dilaksanakan di SMK 2 sebanyak 168 orang dan SMk 3 Amuntai sebanyak 158 orang


Editor: Eddy Abdillah

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga