Arus balik pemudik di pelabuhan penyeberangan Batulicin-Tanjung Serdang Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan mulai ramai pada Kamis.


Salah seorang penumpang kapal feri, Suryanto, menyebutkan arus balik pemudik sejak usai sholat Idhul Fitri 1432 Hijriah pada Rabu, penumpang feri mulai meningkat.


"Bahkan kami sendiri dan keluarga baru terangkut kapal ketiga, sedangkan kapal pertama dan kedua saat kami mulai antre sudah penuh," ujarnya.


Kondisi tersebut terjadi di Pelabuhan Tanjung Serdang dan Batulicin.


Sebagian besar pada arus balik tersebut adalah kendaraan roda dua, disusul kendaran roda empat, khususnya mobil.


Sebelumnya, petugas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Batulicin Ali Akbar, mengatakan puncak arus mudik terjadi diprediksi pada H-3.


"Pada H-3 jumlah penumpang jauh lebih besar dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya," ujar dia.


Dijelaskan, pada H-3 jumlah penumpang di pelabuhan Batulicin, Tanah Bumbu tercatat 216 orang, penumpang dalam kendaraan 1,523 orang, jumlah kendaraan roda dua 726 unit, dan kendaraan roda empat dan sejenisnya sekitar 261 unit.


Sedangkan jumlah kendaraan pada H-3 di pelabuhan Tanjung Serdang Kotabaru tercatat sebanyak 164 orang, penumpoang dalam kendaraan sebanyak 453 orang, kendaraan roda dua sekitar 571 unit dan kendaraan roda empat dan sejenisnya sekitar 227 unit.


Khusus untuk arus mudik di Pelabuhan Tanjung Serdang, puncak mudik terjadi sekitar H-4 Idhul Fitri 1432 Hijriah./C/B

Editor: Asmuni Kadri
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar