Pembuatan Speed Boat Bergairah

Usaha pembuatan speed boat di Banjarmasin bergairah/Asmuni

Sejak tiga bulan terakhir, usaha pembuatan speed boat bergairah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pemilik galangan spedboat di Banjarmasin, H.Kaspul, Sabtu (11/6) mengatakan, sejak tiga bulan terakhir, mendapatkan pesanan beberapa unit spedbot oleh pelanggannya, baik yang ada di Kalimantan Selatan atau dari luar daerah seperti Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Kaspul yang sudah puluhan tahun memproduksi alat transportasi air itu menjelaskan, untuk pembuatan sebuah spedboat panjang berukuran enam meter membutuhkan waktu sekitar 15 hari, dibantu enam orang anak buahnya.

Sementara harga spedboat rata-rata berkisar Rp25 - 50 juta, ini dilihat dari keinginan pembeli.

"Untuk Harga kami pakai harga damai saja, kalau bentuk dan bahannya sederhana ukuran lima meter Rp25-30 juta", tambah Kaspul.

Pembeli spedboat, terang dia, selain dari Kalsel seperti Kota Banjarmasin dan Kabupaten Kotabaru juga datang dari provinsi tetangga seperti Kota Palangka Raya, Samarind, dan Balikpapan.

"Namun yang agak lama adalah saat melakukan finishing karena memerlukan keahlian agar hasilnya memuaskan", pungkas Kaspul.

Dari pantauan di dua tempat bengkel speed boat dengan bahan dasar kayu, fiber, dan resin yang ada di Kecamatan Banjarmasin Utara, masing-masing di Kelurahan Kuin Utara dan Kuin Selatan, para pekerja terlihat sibuk.

Selain membuat yang baru, juga ada yang sedang memperbaiki speed boat yang sudah agak rusak./Asm*C

Editor: Asmuni Kadri
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar