Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - 305 atlet paralimpic mengikuti Pekan Olahraga Daerah Spesial Olimpic Indonesia 2013 yang digelar Pengurus Daerah SOINA Kalsel.

"PORDA SOINA 2013 kita gelar untuk menyaring atlet paralimpic untuk di terjunkan di ajang PORNAS SOINA 2014 mendatang," kata Sekretaris Pengda SOINA Kalsel, Daryono di Banjarmasin, Kamis.

Mempertandingkan 7 cabang olahraga PORDA SOINA digelar di lapangan SLB Negeri Martapura Indra Sari Kabupaten Banjar 27-29 September 2013 yang akan diikuti 305 atlet paralimpic (penyandang cacat) dari 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

Ketujuh cabang olahraga yang dipertandingkan adalah atletik, bulutangkis, tenis meja, renang, basket, futsal dan bocce.

Khusus atletik mempertandingkan dua kelas dengan beberapa nomor seperti kelas low (lari 25 meter, lari 50 meter dan lompat jauh tanpa awalan), sedangkan kelas high (lari 50 meter, lari 100 meter, lari 400 meter, estafet dan lompat jauh)

Penentuan kelas atlit sendiri dilaksanakan sistem divisioning (tes kemampuan atlet untuk menentukan kelas pertandingan yang akan diikutinya.

Pelaksanaan PORDA SOINA sendiri sebagai ajang untuk seleksi atlit paralimpic Kalsel menuju PORNAS SOINA pada November 2014 mendatang di Makassar. Pada PORNAS SOINA 2010 di Jakarta lalu, kontingen Kalsel menduduki peringkat 12 dengan raihan 17 emas.

"Pada PORNAS SOINA mendatang, Kalsel menargetkan menduduki peringkat 7 besar," kata Daryono.

Sementara beberapa cabang unggulan yang diprediksi mampu mendulang mendali adalah Basket, Futsal dan Lompat Jauh (High).

Editor: Herry Murdy Hernawam
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar