Oleh Ulul Maskuriah

Barabai, (Antaranews.Kalsel) - Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, menjamin keterwakilan perempuan dari partainya yang menjadi calon anggota legislatif mencapai 40 persen, melebihi ketentuan 30 persen.

"Sesuai dengan amanah partai, keterwakilan perempuan calon anggota legislatif adalah 30 persen dan dari partai kami sudah mencapai 40 persen yang masuk dalam daftar caleg," kata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Sa`ban Effendi di Barabai, Senin.

Hal itu, katanya, tak lain agar keterwakilan perempuan dalam memperjuangkan kepentingan bersama, membangun daerah yang lebih sejahtera dan upaya memberdayakan potensi perempuan akan lebih optimal.

Sa`ban mengungkapkan, terjaringnya 40 persen calon legislatif perempuan tersebut berkat peran besar dari organisasi Himpunan Wanita Karya (HWK) yang merupakan organisasi kewanitaan Partai Golkar.

"Untuk itu saya memberikan apresiasi dan kebanggaan atas keaktifan organisasi HWK HST. Kami berharap HWK mampu berkontribusi dalam membesarkan partai dan mendongkrak perolehan suara dalam Pemilu 2014," katanya.

Ketua DPD HWK Kalimantan Selatan Hirmini mengatakan dengan pencalonan kaum perempuan di Golkar HST, diharapkan mampu mengoptimalkan peran dan dukungan dalam memperjuangkan hak-hak wanita di daerah masing-masing.

Menurut dia, semangat emansipasi bertujuan untuk menjadikan wanita bisa eksis di segala bidang terutama dalam pembangunan daerah.

Ketua HWK HST Sumiati Karsa mengatakan pihaknya terus berkomitmen melanjutkan cita-cita untuk mencerdasan wanita sebagai pilar pembangunan bangsa, dalam berbagai kesempatan.

Ketua TP PKK HST sekaligus Pembina HWK Hulu Sungai Tengah Tintainah Harun Nurasid mengungkapkan keterlibatan perempuan dalam berbagai sektor dan kesempatan sangat penting.

Menurut dia, perempuan memiliki peran besar dalam pembangunan terutama perbaikan sumber daya manusia dan dalam menyiapkan pemimpin melalui pembinaan akhlakul karimah.

Anggota HWK, katanya, juga melakukan kegiatan sosial antara lain dengan memberikan tali asih untuk warga lanjut usia sebanyak 15 orang.

Selain itu juga memberikan santunan anak asuh 4 orang, membagikan pinjaman modal untuk home industri kue kering dan basah, memberikan sumbangan untuk panti asuhan Putra Harapan Barabai.

"Dalam upaya mengingatkan anggota keluarga mengenai pentingnya kesehatan kita juga melakukan kegiatan olahraga bersama melalui senam aerobik yang diikuti pengurus dan kader HWK," katanya. 

Editor: Imam Hanafi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar